Roy Suryo: Usut Tuntas Penembakan di Freeport

SS
Oleh Singgih Soares
Sabtu 22 Oktober 2011
share
Anggota Komisi I DPR RI, Roy Suryo - inilah.com/Dok

INILAH.COM, Jakarta - Anggota Komisi I DPR RI, Roy Suryo berharap agar aparat keamanan segera mengusut tuntas kasus penembakan di kawasan PT Freeport yang menelan korban jiwa.


"Tolonglah Intel, TNI dan Polri. Saya juga coba komunikasi langsung dengan Kapolri pak Timur Pradopo dan Panglima TNI pak Suhartono agar ini serius ditangani. Agar tidak ada lagi warga negara Indonesia tertembak di NKRI. Ini concern saya," tandas Roy Suryo saat ditemui di RSCM, Jumat malam (21/10/11).

Suryo menilai aksi tersebut sebagai perbuatan keji. "Ini tindakan(penembakan) brutal. Mungkin terencana, tapi kami tidak tau. Tunggu laporannya."

Lebih lanjut dirinya menambahkan, ini bukanlah insiden pertama kali. Tapi sudah berulang kali terjadi."14 oktober ada penembakan. Beberapa minggu sebelumnya ada pembakaran truk. Lokasi sama, tapi kenapa tidak dapat teridentifikasi (pelaku)," pungkasnya.

Roy pun mengungkapkan, dengan insiden terbunuhnya Aloysius Margana, pamannya, tidak ada korban-korban berjatuhan lagi. Aloysius diserang gerombolan bersenjata di miles 39 ruas jalan Timika menuju Tembagapura, Papua. Aloysius Margana, korban penembakan di PT Freeport, Timika Papua, tiba di Rumah Sakit Cipto Mangunkusomo (RSCM) Jakarta untuk diotopsi.

Seperti diberitakan sebelumnya, juru bicara PT Freeport Indonesia Ramdani Sirait sebelumnya mengatakan, tadi pagi terjadi penembakan yang menewaskan 1 karyawan kontraktor dan 2 orang non-karyawan di Freeport. Lokasi penembakan berada beberapa mil di bagian utara lokasi insiden penembakan tanggal 14 Oktober lalu. Belum diketahui siapa pelaku penembakan.[iaf]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA