Kemenakertrans akan Pulangkan 1.616 TKI dari Saudi

TS
Oleh Tio Sukanto
Sabtu 29 Oktober 2011
share
inilah.com/Wirasatria

INILAH.COM, Jakarta - Kemenakertrans melakukan proses pendataan ulang dan verifikasi kelengkapan dokumen TKI/WNI overstayer di Arab Saudi yang akan dipulangkan ke tanah air.

"Berdasarkan data sementara KJRI per tanggal 28 oktober jumlah TKI yang telah berada di Madinatul Hujjah dan siap dipulangkan berjumlah 1616 orang," kata Kepala Pusat Humas Kemenakertrans Suhartono dalam keterangan pers di Jakarta Sabtu (29/10).

Proses pendataan ulang untuk memastikan para TKI siap dipulangkan dan tidak terkait dengan permasalahan atau kasushukum apapun dengan pemerintah Arab Saudi.

Suhartono menjelaskan berdasarkan jumlah SPLP (Surat Perjalanan Laksana Paspor) yang menjadi syarat pemulangan antara 19 September 27 Oktober terdapat 4267 orang yang berada di lokasi penampungan Madinatul Hujjah. Namun, sebelumya sebagian besar TKI overstayer telah dipulangkan secara rutin oleh Pemerintah Arab Saudi.

Untuk membiayai kepulangan TKI overstayer di Arab Saudi kali ini, Kemenakertrans telah mempersiapkan pembiayaannya dari DIPA anggaran APBN Kemenakertrans. Berdasarkan rapat koordinasi lintas kementerian yang diselenggarakan Menko Kesra, biaya pemulangan TKI overstayer ini mencapai US$149 per pack/per orang. [hid]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA