Nilai Tukar Rupiah Lebih Baik dari Won

SN
Oleh Sandiyu Nuryono
Selasa 22 November 2011
share
inilah.com/Wirasatria

INILAH.COM, Jakarta - Meski terjadi pelemahan nilai tukar rupiah terhadap US$, kondisi itu masih lebih baik dari mata uang Korea Selatan (Korsel).

Demikian diucapkan Gubernur Bank Indonesia (BI), Darmin Nasution di Gedung DPR RI , Selasa (22/11). "Dibandingkan Korea Selatan (nilai tukar rupiah) sudah pasti lebih baik," katanya.

Darmin menambahkan, kondisi nilai tukar mata uang setiap negara berbeda-beda. "Sekarang ini, ada negara yang sengaja melemahkan mata uangnya. Singapura termasuk dalam kategori itu. Dia fluktuasinya jauh lebih tinggi dari kita. Bukan ngga bisa dikendalikan tapi karena dia biarkan," bebernya.

Menurut Darmin, presentase ekspor Singapura terhadap PDB itu tinggi. "Dia (Singapura) perlu mata yang yang tidak terlalu kuat terhadap dolar (AS). Sebagian ekspor dia ngga ke Indonesia. Ngga usah terlalu serius dipikirkan," tuturnya.

Di tempat yang sama, Deputi Gubernur BI Hartadi mengatakan, pelemahan rupiah yang terjadi belakangan ini tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Pasalnya, pelemahan yang terjadi lebih disebabkan oleh sentimen global dan sampai akhir tahun diperkirakan rupiah akan menguat. "Mudah-mudahan cepat teratasi," tukasnya. [hid]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA