Indef: Ekonomi akan Tumbuh 6,1-6,3% di 2012

SN
Oleh Sandiyu Nuryono
Rabu 30 November 2011
share
IST

INILAH.COM, Jakarta - Pada 2012, Institute of Development of Economics and Finance (Indef) memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia berada pada kisaran 6,1-6,3%.

"Angka ini menurun jika dibandingkan dengan perkiraan pertumbuhan hingga ahir tahun ini yang kemungkinan mencapai 6,5%," terang Direktur Indef, Enny Sri Hartati di Jakarta, Rabu (30/11).

Dilihat dari distribusi PDB, lanjut Enny, penggunaan pada tahun depan relatif akan sama seperti beberapa tahun sebelumnya dengan perekonomian akan ditopang oleh besarnya porsi sektor konsumsi rumah tangga.

"Sementara itu, jika dilihat dari struktur lapangan usahanya, pada 2012 pertumbuhan tetap akan ditopang oleh sektor non-tradeable, dengan pertumbuhan tertinggi kemungkinan besar tetap pada sektor pengangkutan dan komunikasi," bebernya.

Lebih jauh Enny menyampaikan, dengan bertumpunya perekonomian pada sektor konsumsi dan sektor non tradeable membuat harapan untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang lebih berualitas pada tahun depan akan susah direalisasikan.

Terakit inflasi, Indef memproyeksikan inflasi pada 2012 pada kisaran 4,5-55%; Sementara suku bunga SBI 3 bulan (sebagai suku bunga operasional sasaran moneter) diperkirakan sebesar 6%. Dan Nilai tukar rupiah pada 2012, akan berada pada kisaran Rp8.900-Rp9.100 per US$. [hid]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA