Jembatan Runtuh Pengaruhi Saham BUMI Sepekan

AM
Oleh Agustina Melani
Minggu 04 Desember 2011
share
inilah.com

INILAH.COM, Jakarta - Saham PT Bumi Resources Tbk (BUMI) ditutup di level Rp2.075 pada perdagangan Jumat (2/12). Pergerakan saham BUMI minim sentimen dan dipengaruhi rumor pengiriman batu bara terlambat karena jembatan Kutai Kartanegara yang runtuh.

"Selama sepekan ini saham BUMI ada tren penguatan meski tipis. Saat ini belum ada sentimen yang terlalu signifikan mempengaruhi pergerakan saham BUMI," ujar Analis PT Indosurya Aset Management Reza Priyambada, saat dihubungi INILAH.COM, di Jakarta akhir pekan ini.

Lebih lanjut ia menuturkan, memang sempat beredar kabar pengiriman batu bara dari anak usaha PT Bumi Resources akan terganggu karena jembatan Kutai Kartanegara yang runtuh, di Kalimantan Timur. Meski begitu, manajemen BUMI telah memberikan keterangan, jembatan Kutai Kartanegara yang runtuh tidak mempengaruhi pengiriman batu bara perseroan.

Menurut Reza, pergerakan saham BUMI dipengaruhi oleh pergerakan indeks saham. Di mana indeks saham masih dipengaruhi kondisi faktor globa, yaitu penyelesaian krisis utang zona Euro dan data ekonomi Amerika Serikat.

Seperti diketahui, saham BUMI ditutup menguat ke level Rp.2.025 pada perdagangan saham Senin (28/11), tapi saham BUMI kembali ditutup melemah ke level Rp2.000 pada perdagangan saham Selasa (29/11) hingga Rabu (30/11). Saham BUMI kembali ditutup menguat ke level Rp2.075 pada perdagangan saham Kamis (1/12).

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA