EXCL Jadi Salah Satu Tumpuan Bisnis Axiata

WM
Oleh Wahid Ma'ruf
Minggu 04 Desember 2011
share
inilah.com

INILAH.COM, Jakarta - Bisnis XL Axiata Tbk (EXCL) menjadi salah satu tumpuan kinerja PT Axiata Group pada kuartal III 2011.

Demikian mengutip keterangan resmi PT Axiata, yang dirilis November lalu. Pertumbuhan layanan data mencapai 8% menjadi Rp14 triliun dan EBITDA naik 3% menjadi Rp7 triliun dengan margin sebesar 50%. Demikian juga dengan PAT naik 5% menjadi Rp2,2 triliun. Axiata memiliki 67% saham EXCL melalui Axiata Investment Sdn Bhd.

Sementara di Malaysia, Axiata didukung Celcom5 dengan pertumbuhan pendapatan 4% dengan dorongan kenaikan EBITDA naik 1%. Pendapatan mencapai 1,8 miliar ringgit Malaysia.

Kinerja konsolidasi Axiata dipengaruhi perlambatan ekonomi global, fluktuasi mata uang. Namun pendapatan tetap naik 5% dibanding periode tahun lalu senilai 12,2 miliar ringgit Malaysia.

Pada periode ini, kinerja perseroan didukung dari layanan data XL Axiata di Indonesia dan di Malaysia. Sedangkan faktor pelanggan dari Sri Lanka dan Bangladesh. Kalau saja kurs mata uang stabil, maka pendapatan dapat naik 8%. Posisi EBITDA sedikit turun 0,2% dan kalau kurs mata yang stabil dapat tumbuh 2,2%.

Ruang gerak bisnis perseroan terbatasi penguatan ringgit Malaysia dan depresiasi Taka, Bangladesh. Sebab kondisi ini menaikkan biaya untuk ekspansi jaringan. Pertumbuhan kuat terlihat dari pelanggan mobile regional dengan kenaikan 26% ke 187 juta.

Untuk kuartal terakhir tahun ini, posisi keuangan perseroan masih kuat. Dengan rasio utang bersih terhadap rasio EBITDA saat ini di 0,56 kali dari 0,62 kali di akhir 2010.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA