Faktor Permintaan Domestik

Pertumbuhan Ekonomi 2012 Diprediksi 6,3%

SN
Oleh Sandiyu Nuryono
Minggu 04 Desember 2011
share
Foto : ilustrasi

INILAH.COM, Jakarta Pada 2012, pertumbuhan ekonomi diprediksi tetap tinggi, Yakni sebesar 6,3% dipicu oleh permitaan domestik.

"Untuk 2012, pertumbuhan keseluruhan dapat melambat menuju 6,3% (dari 6,5% di 2011) di tengah perlambatan permintaan eksternal. Namun, pertumbuhan perekonomian relatif kuat didorong permitaan domestik," kata Analis Citi Indonesia, Helmi Arman, Minggu (4/11).

Helmi melanjutkan, dengan lebih dari 60 persen populasi menghabiskan lebih dari setengah pengeluaran mereka untuk makanan (data tahun 2009), inflasi (dibandingkan dengan pertumbuhan ekspor) merupakan faktor yang lebih penting yang mempengaruhi konsumsi rumah tangga.

"Sejauh ini inflasi telah ditekan, dan meskipun pemotongan subsidi energi tahun depan dapat meningkatkan inflasi, kelas pendapatan rendah mungkin akan kurang terpengaruh seperti tarif listrik mungkin tidak mendaki untuk rumah tangga berpenghasilan rendah dan ada juga bisa kompensasi subsidi berikut setiap pengurangan subsidi BBM," tuturnya.

Terkait inflasi di 2012, Helmi memerkirakan inflasi berada di level 5,8%. "Tentu sajajika rendana pengurangan subsidi tahun depan untuk TDL naik 10% dan pengurangan subsidi BBM dapat mendoroan inflasi menurut proyeksi kami menjadi 5,8%," terangnya. [hid]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA