Gunung Gamalama Meletus, Warga Ternate Siaga

MS
Oleh Marlen Sitompul
Senin 05 Desember 2011
share
IST

INILAH.COM, Maluku Utara - Gunung Gamalama meletus di Provinsi Maluku Utara, Kota Ternate. Gunung tersebut meletus sekitar pukul 23.00, Minggu (4/12/2011). Dengan meletusnya gunung tersebut tidak ada korban jiwa, selain itu sampai saat ini diperkirakan kerugian masih nihil.

Kondisi Mutakhir yang diterima INILAH.COM dari Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, Gunung api gamalama tiba-tiba meletus Pkl. 23.00 WIT dan terdengar letusan dari gunung tersebut. Gunung gamalama mengeluarkan debu vulkanik.

Hingga saat ini warga yang berada di kaki gunung masih melakukan pengungsian. Pasalnya, Gunung tersebut saat ini dalam status siaga.

"Warga yang berada di kaki gunung Gamalama sebagian ada yang mengungsi ke tempat yang lebih aman, namun ada juga beberapa warga yang tinggal dirumah nya masing-masing. Gunung Gamalama dinaikan Satus nya yang tadinya Waspada menjadi Siaga terhitung mulai Minggu, 23.00 WIT," jelas Sutopo melalui pesan tertulisnya kepada INILAH.COM, Jakarta, Minggu (4/12/2011).

Menurutnya, pemerintahan setempat sedang melakukan pemantauan dalam rangka mengantisipasi penanganan darurat. Akibat letusan tersebut, sebagian wilayah yang berada di Ternate tertutup hujan debu. "BPBD Prov. Maluku Utara terus berkoordinasi dengan instansi terkait untuk melakukan penanganan darurat, melakukan pemantauan dan pendataan. Sebagian Kota Ternate tertutup hujan debu. Listrik diwilayah kaki gunung gamalama padam," jelasnya. [mar]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA