Pasca-Penangkapan Nunun Nurbaetie

Miranda Bakal Ungkap Borok Century?

RF
Oleh R Ferdian Andi R
Minggu 11 Desember 2011
share
inilah.com/dok

INILAH.COM, Jakarta - Di balik penangkapan tersangka cek perjalanan dalam pemilihan Deputi Gubernur Bank Indoensia (BI) pada 2004 Nunun Nurbaetie diyakini menjadi pintu masuk pengungkapan kasus Century. Bagaimana alurnya?

Peran Nunun Nurbaetie dalam kasus cek perjalanan ini diduga terkait dengan kemenangan Miranda Swaray Goeltom dalam pemilihan Deputi Gubernur BI pada 2004. Nunun diduga menyebarkan 480 lembar cek pelawat senilai Rp 24 miliar untuk para anggota DPR RI periode 1999-2004 untuk memuluskan jalan Miranda.

Konstruksi inilah yang besar kemungkinan akan menyeret bekas Deputi Gubernur Bank Indoensia (BI) Miranda S Ghultom dalam kasus ini. Meski hingga saat ini, Miranda masih menjadi saksi dalam kasus perjalanan cek yang menyebar ke sejumlah anggota DPR lintas fraksi itu.

Nah, kaitannya dengan kasus Century, Miranda pada pertengahan November lalu juga telah diperiksa KPK sebagai saksi dalam kasus dengan dimensi politik yang tidak kecil itu. Saat terjadi bailout Century, posisi Miranda S Ghultom sebagai Deputi Gubernur BI.

Mantan inisiator angket Bank Century Mukhamad Misbahkun mengatakan posisi Miranda S Ghultom yang penting dalam kasus Century ini akan memudahkan pengungkapan kasus Century. "Jika Miranda ditangkap, saya yakin akan lebih memudahkan terbukanya kasus Century. Karena Miranda adalah Deputi Senior Gubernur BI ketika FPJP(Fasilitas Pendanaan Jangka Pendek) diberikan oleh BI ke Bank Century," katanya kepada INILAH.COM di Jakarta, Minggu (11/12/2011).

Misbakhun mencatat, posisi Miranda termasuk pihak yang hadir dalam rapat-rapat penting saat memutuskan pengucuran FPJP dan Bailout Bank Century. Dia menyebutkan Miranda merupakan figur kunci dalam kasus Century. "Selain figur Boediono dan Sri Mulyani," tambahnya.

Miranda pernah dipanggil oleh Pansus Century DPR pada 21 Desember 2009 lalu. Dalam keterangannya di hadapan Pansus, Miranda mengatakan Bank Century memiliki dampak sistemik yang tidak bisa ditolong.

Dia menyebutkan indikasi Bank Century berdampak sistemik, Menurut Miranda, terlihat dari Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), likuiditas yang seret, melonjaknya nilai tukar rupiah. "Jadi memang harus ditolong. Semua orang tahu krisis bisa terjadi karena faktor sentimen," ujar Miranda saat dipanggil di Pansus Angket Century.

Miranda juga membantah bila dirinya merupakan aktor untuk memuluskan proses akuisisi dan merger Bank Century. "Saya tidak tahu dia siapa. Saya tidak pernah ketemu dan tidak pernah memfasilitasi," tepis Miranda.

Sumber INILAH.COM yang dekat dengan Miranda S Ghultom menginformasikan berita penangkapan Nunun Nurabetie oleh KPK membuat kesehatan Miranda turun. "Ibu Miranda sedang sakit dan muntah-muntah setelah tahu Bu Nunun tertangkap," ujar sumber tersebut melalui BlackBerry Messenger (BBM).

Akankah penangkapan Nunun Nurbaetie juga menjadi babak baru penyelesaian kasus Century yang dilekatkan dengan Boediono dan Sri Mulyani itu? Akankah Miranda akan ungkap secara terang-benderang dalam kasus Century pasca tertangkapnya Nunun? Kita lihat saja. [mdr]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA