BI: Kinerja BPD Kurang Cepat

DI
Oleh Dian Ichsan Siregar
Senin 12 Desember 2011
share
Deputi Gubernur BI, Halim Alamsyah - inilah.com

INILAH.COM, Jakarta - Bank Indonesia (BI) menjelaskan peran Bank Pembangunan Daerah masih belum optimal dibanding bank non BPD.

"Hal tersebut telah ditemukan kinerja BPD yang belum maksimal, seperti pertumbuhan kredit di bawah 20%, kredit produktif kurang dari 40% dan LDR kurang dari 78-100%. Pertumbuhan kredit BPD sendiri sudah cukup baik, tetapi tidak terlalu cepat dibandingkan bank lainnya di luar BPD," ujar Deputi Gubernur BI, Halim Alamsyah usai seminar Nasional Kinerja Bank Pembangunan Daerah di Indonesia : Kontribusi untuk Pembangunan Daerah, Senin (12/12).

Lebih lanjut dirinya menyampaikan, sejauh ini bila dilihat ROA, LDR, dan NPL dari BPD sudah signifikan pertumbuhannya. Namun dari pembiayaan daerah masih bervariatif. "Ada BPD yang masih besar porsi kredit konsumsinya, dan juga ada yang seimbang, rata-rata memang tinggi sekitar 67% kredit konsumsi," tegasnya.

Halim menambahkan, kendalanya saat ini modal BPD masih sangat minim, untuk bisa lebih maju kedepan dalam penyaluran pembiayaan, modal minimum BPD harus minimal Rp1 triliun. "Baru 3 BPD yang memiliki modal diatas Rp4,4 triliun, yang lainnya masih kecil dengan modal sekitar Rp 182 miliar," jelasnya.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA