Jaksa Sistoyo Bantah Terima Uang Suap

RS
Oleh Renny Sundayani
Jumat 16 Desember 2011
share
foto:ilustrasi

INILAH.COM,Jakarta - Jaksa Sistoyo, yang diringkus KPK beberapa waktu silam di parkiran Kejari Cibinong Bogor Jawa Barat, membantah menerima uang suap dari pengusaha sekaligus terdakwa Edward M. Sistoyo ditangkap tangan oleh KPK setelah diduga menerima suap dari Edward sejumlah Rp 99 juta.

Kejaksaan Agung (Kejagung) melalui bidang pengawasan Jaksa, mengaku telah memeriksa Jaksa Sistoyo terkait kasus dugaan suap oleh terdakwa sekaligus pengusaha, Edward M.

Diketahui, Sistoyo diperiksa pihak kejaksaan pada hari senin (12/12/2011) di kantor KPK.

"Oleh aswas (asisten pengawasan) Kejati Jawa Barat sudah dimintai keterangan," kata Jaksa Agung Muda Pengawasan (Jamwas) Kejaksaan Agung, Marwan Effendy melalui pesan singkatnya, Kamis (15/12/2011).

Namun ketika diperiksa oleh pihaknya, lanjut Marwan, Jaksa Sistoyo tak mengakui uang Rp 99juta yang diberika Edward. "Sementara ini menurut Sistoyo dia sendiri tidak tahu tentang uang tersebut," sambung Marwan.

Sistoyo juga mengelak jika dikatakan ada keterlibatan Jaksa lain yakni Jaksa Epiyarti yang sebelumnya disebut-sebut Edward sebagai pihak yang terlebih dahulu meminta uang kepadanya untuk memperingan tuntutan.

"Dan tidak ada keterlibatan jaksa lain. Sistoyo membantah keterangan Edward tersebut," tegas Marwan.

Menurutnya adanya keterlibatan Jaksa Epiyarti dalam kasus terasebut belum bisa dibuktikan, karena keterangan saksi tidak bisa dijadikan alat bukti.

"Sementara yah belum terbukti karena keterangan Edward baru unus testis nullus testis, keterangan satu saksi tidak dapat dijadikan alat bukti, kecuali kalau didukung alat bukti lain. Jangan Edward karena dongkol sama Epiyarti jadi asal tuding saja," pungkas Marwan. [gus]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA