OJK Sulit Jika Perangkat Belum Siap

TS
Oleh Tio Sukanto
Rabu 21 Desember 2011
share
Kepala Bapepam LK, Nurhaida - IST

INILAH.COM, Jakarta - Pelaksanaan otoritas jasa keuangan (OJK) diperkirakan akan mengalami kesulitan, jika pada saat beroperasi perangkat aturan yang terkait dengan pengawasan belum dirampungkan.

Demikian disampaikan Kepala Bapepam LK, Nurhaida saat ditemui di Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta Rabu (21/12). "Yang jelas kita merencanakan bahwa pada saat OJK itu sudah mulai beroperasi secara penuh. Misalnya pada saat OJK mulai efektif mulai Januari 2013, tentunya semua perangkat peraturan yang terkait dengan pengawasan maupun pengaturan kepada industri itu sudah harus selesai. Kalau tidak demikian akan sulit bagi OJK berjalan kemudian baru aturannya dibentuk, ya tentunya akan membuat ada hal yang tidak bisa dilakukan karena belum diatur," kata Nurhaida.

"Jadi idealnya itu semua sudah ada sebelum OJK sudah beroperasi," tambah dia.

Sementara terkait biaya opersional tahun pertama, Nurhaida mengatakan bahwa modal tersebut akan diperoleh dari APBN, namun untuk selanjutnya akan diteruskan dari iuran yang disumbangkan oleh industri. "Berapa yang akan modal yang diberikan oleh DPR, nanti tergantung dari berapa yang diajukan oleh dewan komisioner. Nanti mekanismenya ke DPR," pungkas dia. [cms]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA