Gandeng Saudi Aramco

Pertamina akan Bangun Kilang Tuban

TS
Oleh Tio Sukanto
Rabu 28 Desember 2011
share
inilah.com

INILAH.COM, Cilacap - Setelah berhasil melakukan ground breaking proyek pembangunan Resid Fluid Catalytic Cracking (RFCC) Refinery di Unit IV, Cilacap Jawa Tengah, PT Pertamina (Persero) berencana membangun kilang yang sama di Tuban, Jawa Timur.

Demikian disampaikan Direktur Utama Pertamina, Karen Agustiawan di Cilacap, Rabu (28/12). "Setelah Cilacap, kita akan bangun di Tuban bekerjasama dengan Saudi Aramco," kata Karen tanpa menyebutkan waktu pembangunannya.

Terkait pembangunan kilang RFCC tersebut, pihaknya berharap produksi BBM Pertamina dari yang saat ini hanya 41 juta kilo liter (KL) naik menjadi 66 juta KL pertahun. "Mudah-mudahan saja dengan adanya kilang tersebut produksi dan marginnya meningkat," ujar Karen.

Untuk diketahui pembangunan RFCC stersebut diperkirakan akan memakan waktu konstruksi 36 bulan dan selesai pada kuartal IV 2014. Namun begitu perusahaan minyak negara tersebut akan mempercepat pembangunan dan diharapkan mulai beroperasi pada kuartal III 2014.

Kilang Cilacap merupakan kilang terbesar yang dimiliki Pertamina dengan kapasitas total 348 ribu barel per hari atau 35% dari total produksi BBM Pertamina. [hid]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA