Menkeu Waswas Soal Gejolak Embargo Minyak Iran

DI
Oleh Dian Ichsan Siregar
Jumat 06 Januari 2012
share
Menteri Keuangan Agus Martowardjojo - Foto : Ist

INILAH.COM, Jakarta - Pemerintah mulai mewaspadai gejolak yang terjadi di pasar minyak sehubungan dengan adanya embargo negara Barat terhadap impor minyak asal Iran.

"Kalau harga minyak kita tentu perhatikan serius, dan ini kan ketegangan di Afrika Utara dan Timur Tengah itu kan tinggi sekali. Jadi benar-benar situasi yang perlu diwaspadai," ungkap Menteri Keuangan Agus Martowardjojo menanggapi ketegangan yang terjadi antara negara Barat dan Iran, di Jakarta, Jumat (6/1).

Menurutnya, konflik antar kedua belah pihak akan melambungkan harga minyak mentah dunia. Seperti diketahui, salah satu acuan APBN adalah adalah harga minyak.
"Karena secara umum saja terjadi misalnya, perang statement (pernyataan) saja harga minyak saja sudah bisa langsung naik. Jadi ini sesuatu yang kita perhatikan secara hati-hati," pungkasnya.

Pada Rabu (4/1) waktu setempat, pemerintahan Eropa telah sepakat untuk mengembargo minyak asal Iran, mengikuti langkah Amerika Serikat. Hal ini dilakukan agar Teheran tidak lagi memiliki pemasukan untuk mengembangkan teknologi nuklirnya. [mre]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA