Konversi BBM ke BBG

Bulan Depan, Pemerintah Jual Converter Kit

LZ
Oleh Laela Zahra
Selasa 10 Januari 2012
share
inilah.com/Wirasatria

INILAH.COM, Jakarta - Pemerintah mulai menjual konverter atau alat konversi bahan bakar minyak (BBM) ke bahan bakar gas (BBG) untuk kendaraan bermotor, mulai bulan depan.

"Kita mulai jual konverter kita bulan depan," kata Wakil Menteri Ekonomi Sumber Daya Mineral (ESDM), Widjajono Partowidagdo di Istana Negara RI, Selasa (10/1/2012).

Konverter tersebut akan diproduksi oleh PT Dirgantara Indonesia (DI) dan diberikan gratis untuk transportasi umum, dan diperjualkan bebas untuk kendaraan pribadi.

Widagdo menjelaskan, harga konverter dijual seharga Rp 12 juta karena jumlah produksi konverter masih sedikit, sehingga harga penjualan menjadi lebih mahal.

Namun Widagdo menjanjikan harga konverter akan lebih murah lagi ke depan, jika pemerintah memproduksi konverter lebih banyak lagi. "Harga Rp 12 juta karena pesanan baru 200 ribu unit, tapi kalau pesanannya 1 juta unit maka harganya Rp9 juta,' kata Widagdo.

KEmampuan PT DI untuk memproduksi konverter kendaraan bermotor, lanjutnya, tidak perlu diragukan. PT DI memiliki kemampuan yang cukup baik dalam memproduksi alat tersebut. [hid]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA