Pembatasan BBM Bersubsidi

Pengamat: Tunda Saja lah!

TS
Oleh Tio Sukanto
Sabtu 14 Januari 2012
share
inilah.com

INILAH.COM, Jakarta - Pengamat Perminyakan Kurtubi menilai kebijakan pembatasan BBM subsidi yang terkesan mendadak bisa menimbulkan gejolak di kalangan masyarakat. Ia menyarankan agar program tersebut ditunda saja.

"Pembatasan BBM subsidi bisa saja mendapat penolakan dari masyarakat secara besar-besaran. Oleh karena itu saya menghimbau agar pembatasan dibatalkan saja," kata Kurtubi kepada INILAH.COM di Jakarta, Sabtu (14/1).

Selain dimungkinkan terjadinya penolakan, pembatasan BBM subsidi tersebut secara tidak langsung akan membuat penyelewengan BBM untuk kategori rakyat miskin semakin besar.

"Masyarakat akan sangat ketakutan dengan dibatasi pembelian BBM ini. Oleh sebab itu peluang terjadinya penimbunan BBM akan lebih besar, apalagi pengawasaan saat ini masih belum berjalan dengan baik," jelas Kurtubi. "Saya pikir ini akan menimbulkan kepanikan, tapi apapun itu keputusan ada di pemerintah," tambah dia.

Seperti diketahui pemerintah dengan tegas mengatakan bahwa program pembatasan BBM subsidi ini akan tetap dilakukan pada 1 April sesuai dengan amanat UU APBN. [mre]

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA