PT KAI Akan Kembali Pasang Gawang Bola Beton

AH
Oleh Anton Hartono
Rabu 18 Januari 2012
share
inilah.com/Agus Priatna

INILAH.COM, Jakarta - Pekan depan PT Kereta Api Indonesia (KAI), kembali akan melakukan pemasangan gawang berisi bola-bola beton untuk mencegah penumpang kereta api yang naik ke atap kereta.

Kepala Penertiban Daops 1 PT KAI, Akhmad Sujadi, mengatakan rencananya gawang bola-bola beton akan dipasang di sepanjang jalur kereta api Kedung Gede - Lemah Abang dan Tambun Cikarang.

"Bola beton akan dipasang lagi di jalur KA yang melintas di Kedung Gede dan Cikarang," kata Akhmad Sujadi, Rabu (18/1/2011). Menurutnya pemasangan bola beton di sepanjang jalur KA untuk menutup kemungkinan akan ada lagi penumpang yang naik di atap gerbong kereta api.

Karena jika mereka tetap nekat, maka akan terkena bandulan bola beton yang beratnya sekitar 3 kilogram mengarah ke kepala atau tubuh mereka yang naik di atap gerbong kereta.

Bahkan sejak dipasangkannya bandul bola beton di sepanjang jalur Bekasi-Tambun, hingga hari ini menurutnya tidak ada satupun penumpang yang naik di atap gerbong kereta.

Karena jika mereka tetap memaksa naik di atap gerbong, maka resiko yang diterima akan fatal. Sehingga pemasangan bandul bola beton tersebut dinilai cukup efektif untuk mencegah penumpang yang biasa naik di atap kereta.

Sebelumnya ia menjelaskan pemasangan bola beton sudah dilakukan di jalur Bekasi-Tambun sebanyak 24 unit telah terpasang di Kilometer 27-100 di kawasan Jl Agus Salim dan Bekasi. Terlebih lagi, jarak antara bandul dengan atap Kereta Api yaitu hanya 25 sentimeter. Sehingga para penumpang pun akan berpikir dua kali jika ingin naik di atap gerbong kereta.[bay]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA