M Hanif Dhakiri

Politisi Musisi dan Pencipta Lagu

RF
Oleh R Ferdian Andi R
Kamis 19 Januari 2012
share
M Hanif Dhakiri - inilah.com/Dok

INILAH.COM, Jakarta - Dunia politik yang dikesankan penuh intrik dan kepenatan, tak menyurutkan minat untuk berkreativitas terutama dalam bermain musik. Hal itu pula yang dialami politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) M Hanif Dhakiri.

Sekretaris Fraksi PKB DPR RI M Hanif Dhakiri bisa tergolong kelompok intelektual muda NU yang memiliki latarbelakang peneliti. Maka tak aneh, bila berbagai pernyataan politiknya, tergolong dalam isu-isu 'berat' dan serius.

Namun siapa sangka, dengan sosok Hanif yang demikian, ternyata Ketua Umum DKN Garda Bangsa ini memiliki talenta tersembunyi. "Sejak SD saya suka main gitar sampai sekarang. Tapi itu semua secara otodidak," katanya kepada INILAH.COM di gedung DPR RI, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (18/1/2012).

Tidak sekdar itu, Hanif juga memiliki koleksi karya lagu ciptaan dirinya. Sedikitnya terdapat 10 lagu yang telah ia karang sekaligus ia nyanyikan. "Lagu-lagu itu dibuat sebelum dan saat menjadi anggota DPR," ungkap Hanif.

Tak sekadar klaim, Hanif memutar beberapa lagu yang telah ia rekam di ponsel pintarnya. Beberapa lagu seperti "Izinkan Aku", "Mati di Peluknya" sempat ia perdengarkan. Mayoritas lagu Hanif beraliran pop.

Ketika disinggung bagaimana ia mendapat inspirasi dalam membuat syair lagu tersebut? Ketua DPP PKB ini menegaskan banyak cara mendapat inspirasi. "Seperti lagu 'Mati di Peluknya' itu terinspirasi dari status BlackBerry Messenger (BBM) seorang kawan," beber Hanif.

Anggota Komisi Pendidikan dan Kebudayaan DPR RI ini mengakui musik telah ia gandrungi sejak lama. Sembari merendah, Hanif mengaku bukanlah termasuk musisi profesional. "Ya, hanya menyalurkan hobi saja, tak lebih," elaknya seraya menyebutkan dirinya yang memiliki latarbelakang di theater saat mahasiswa, telah terbiasa dalam menulis syair lagu.

Hanif mengaku dalam waktu dekat akan latihan musik dengan beberapa koleganya di PKB seperti M Toha, sejumlah staf ahli anggota DPR RI dari PKB, termasuk para pengurus Garda Bangsa. [mdr]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA