Pengamat: Kok Marzuki Alie Seperti Cuci Tangan

FF
Oleh Farhan Faris
Sabtu 21 Januari 2012
share
Marzuki Alie - inilah.com

INILAH.COM, Jakarta - Langkah Ketua DPR Marzuki Alie, melaporkan berbagai proyek yang diduga bermasalah ke KPK, dilihat sebagai upayanya untuk mencuci tangan.

"Sebagai Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT), tidak masuk akal sepertinya jika tidak mengetahui proyek renovasi yang sangat luar biasa itu, karena kebijakan ada di ketua. Dia tidak melakukan kejahatan sengaja, tetapi dia melakukan kejahatan tidak disengaja. Karena dia pemegang otoritas kebijakan yang menentukan hitam-putih," ujar Pengamat Politik, Yudi Latief, Sabtu, (21/1/2012) di Jakarta.

Yudi menambahkan, dalam posisi sebagai ketua, seharusnya dia mengetahui semua kebijakan. Bisa saja laporan Marzuki Ali sebagai bentuk cuci tangan.

"Ibaratnya, seorang Jenderal tidak bisa cuci tangan terhadap anak buahnya yang melakukan kesalahan, prosedur standar Jenderalnya harus bertanggungjawab," ucapnya.

Yudi melanjutkan sebelumnya Marzuki Alie sempat ingin membuat surat untuk Sekjen DPR, tetapi kemudian justru melaporkan apa yang terjadi di DPR ke KPK, menggandeng Sekjen. Yudi mengatakan jika memang serius maka Marzuki harus menyebut siapa orang yang menjadi otak dibalik proyek-proyek DPR.

"Berarti sudah terbuka, Sekjen tidak mungkin mengeluarkan kebijakan tanpa ada deal order banggar itu sendiri. Dengan itu, keduanya harus bongkar juga, siapa biang kerok atau mastermaind dari semua itu," tambah Yudi.[bay]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA