Jawa Timur Tak Melarang Ormas FPI

IN
Oleh inilahcom
Sabtu 18 Februari 2012
share
inilah.com

INILAH.COM, Gresik - Provinsi Jawa Timur tidak melarang keberadaan ormas Front Pembela Islam (FPI) untuk melakukan aktivitas. Penegasan ini disampaikan Wagub Jatim, Syaifullah Yusuf (Gus Ipul) saat menghadiri Harlah dan Perguruan PCNU Gresik di SOR Tri Dharma, Sabtu (18/02/2012).

Pascadikecamnya ormas FPI oleh beberapa elemen masyarakat karena mengedepankan tindakan anarkis, termasuk ditolaknya ormas tersebut di Kalimantan Tengah, membuat kepala daerah mulai was-was dengan keberadaan ormas ini. Namun, lain halnya di Jatim sebab ormas yang dipimpin oleh Habib Rizieq tersebut tetap tidak dilarang keberadannya.

"Soal ormas FPI sikap Pemprov Jatim tidak melarangnya asal tidak menggunakan kekerasan saat mengambil tindakan," kata Gus Ipul.

Menurut Gus Ipul, terkait dengan keberadaan FPI pihaknya sudah melakukan pendekatan secara informal agar ormas ini strategi dakwahnya lebih bagus tanpa kekerasan. "Kami sudah melakukan pembicaraan secara informal kalau bisa FPI lebih mengedepankan dialog ketimbang kekerasan," tuturnya.

Sejumlah daerah baik itu provinsi maupun tingkat dua merasa gerah dengan keberadaan FPI. Pasalnya, ormas ini dianggap lebih mengedepankan kekerasan dan tindakan anarkis dibanding dialogi saat mengambil keputusan. Bahkan, ormas ini dilarang didirikan di Provinsi Kalteng. [beritajatim.com]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA