Cegah Rabies, Sudin Peternakan Razia Anjing Liar

AH
Oleh Anton Hartono
Kamis 01 Maret 2012
share
IST

INILAH.COM, Jakarta - Untuk mencegah adanya penyakit rabies yang ditularkan melalui hewan ke manusia, Sudin Peternakan dan Perikanan Jakarta Timur merazia anjing liar di kawasan Kebon Pala, Makasar, Jaktim, Kamis (1/3/2012).

Hasilnya, lima ekor anjing liar terjaring petugas dan langsung dibawa ke Laboratorium Kesehatan Hewan dan Ikan di Ragunan, Jakarta Selatan. "Setelah ditangkap, anjing itu diserahkan ke laboratorium untuk periksa darahnya," kata Sabdo Kurnianto, Kasie Pengawasan dan Penertiban Sudin Peternakan dan Perikanan Jaktim, Kamis (1/3/2012).

Dalam aksi penertiban di kawasan RW 06 Kebon Pala itu Sudin Peternakan dan Perikanan Jaktim mengerahkan sebanyak 12 petugas dibantu oleh pihak kelurahan.

Menurut Sabdo, razia anjing liar di wilayah DKI Jakarta sesuai dengan Perda Nomor 11 Tahun 1995 tentang pengawasan hewan rentan serta pencegahan penanggulangan rabies. Dan kegiatan penertiban terhadap anjing liar akan terus dilakukan sesuai dengan laporan atau keluhan dari masyarakat yang merasa terganggu.

"Jika ada warga yang merasa terganggu dengan adanya anjing liar di pemukimannya, maka bisa langsung laporkan ke kelurahan atau kecamatan setempat. Sehingga bisa langsung dilakukan penertiban," tambahnya. [mar]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA