Masih Ada Jabatan Kosong di KPK

AM
Oleh Ajat M Fajar
Senin 12 Maret 2012
share
inilah.com

INILAH.COM, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) belum bisa menunjukkan kinerja maksimalnya karena masih banyak posisi kosong di KPK. Tercatat saat ini ada jabatan yang belum diisi di KPK.

"Deputi penindakan, pencegahan kemudian biro SDM, Dirdik itukan masih baru," ujar Wakil Ketua KPK, Zulkarnaen, di Gedung DPR, Senayan, Senin (12/3/2012).

Zulkarnaen mengatakan, KPK sedang berupaya mengisi kekosongan jabatan itu agar kinerja KPK bisa lebih maksimal lagi. Namun sampai saat ini belum ada calon yang dianggap sesuai dengan kriteria di KPK.

"Pernah dua kali seleksi ternyata integritasnya tidak memenuhi standar yang dibutuhkan KPK. Dari kejaksaan dan kepolisian. Mungkin standar di aparat penegak hukum belum tinggi," paparnya.

Dengan kondisi seperti ini, diakui Zulkarnaen banyak tugas yang belum maksimal dijalankan oleh KPK. Pasalnya banyak yang rangkap jabatan sehingga tidak fokus. "Jelas, itu berarti yang membina langsung penyidik ini terhambat. Berarti ada rangkap jabatan direktur yang lain," jelasnya.

Zulkarnaen mengatakan, KPK memiliki empat standar untuk memilih orang yang akan menduduki posisi di KPK. Standar itu antara lain meliputi integritas, pengalaman, dan rekam jejak di institusi masing-masing.

"Ya spesifikasi pengalaman panjang tadi. Sebab bagaimana mau membina, mengarahkan, mengendalikan para penyilidik, penyidik dan penuntut umum sampai eksekusi kalau tidak ada pengalaman. Makanya kita harapkan deputi penindakan itu dari kejaksaan," ungkapnya. [mvi]

# TAG
kpk

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA