Desain Berubah, Satu Stasiun MRT Dikurangi

FF
Oleh Farhan Faris
Selasa 13 Maret 2012
share
Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo - inilah.com/Agus Priatna

INILAH.COM, Jakarta - Terkait adanya perubahan dari desain awal untuk stasiun Mass Rapid Transport (MRT), nantinya ada pengurangan satu stasiun. Hal tersebut diungkapkan Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, di Balaikota DKI Jakarta, Senin (12/3/2012).

"Satu stasiun yang akan dikurangi adalah stasiun yang pada awalnya direncanakan akan dibangun di sekitar Al-Azhar dan gedung ASEAN, Jakarta Selatan," kata Fauzi Bowo.

Ia menilai, pengurangan ini disebabkan jarak yang terlalu dekat dengan Stasiun Blok M. Oleh karena itu, dirinya pun menyarankan untuk menyatukan stasiun ke Blok M.

Dengan demikian, dijelaskan Fauzi, kereta nantinya mampu masuk lebih landai ke jalur bawah tanah di sekitar Al-Azhar. Lebih lanjut pria yang akrab disapa Foke ini mengatakan, ground breaking dari MRT kemungkinan dimulai pada Mei mendatang.

Sementara Kepala Biro Komunikasi PT MRT Jakarta Manpalagupta Sitorus menjelaskan, pihaknya telah menerima informasi mengenai pertimbangan dari Gubernur tersebut. "Pertimbangan itu, terkait dengan rencana pengembangan wilayah DKI Jakarta," katanya.

Dikatakannya, pekerjaan persiapan tersebut, mencakup empat kegiatan diantaranya, pemindahan Terminal serta Stadion Lebak Bulus, Jakarta Selatan, pelebaran Jalan Fatmawati, Jakarta Selatan, dan pemindahan utilitas. "Pengerjaannya akan dilakukan pada bulan April mendatang," jelas Gupta.[dit]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA