Balap Liar di Makassar Diancam 1 Tahun Penjara

SU
Oleh Suriani
Sabtu 07 April 2012
share
IST

INILAH.COM, Makassar - Polrestabes Makassar akan menertibkan pengendara roda dua dan roda empat yang sering balapan di jalan raya. Tak tanggung-tanggung yang kedapatan melanggar akan dikenai pidana satu tahun penjara dan denda tiga juta rupiah.

"Instruksi Kapolrestabes Makassar yang dikeluarkan melalui Surat Perintah operasi akan dilakukan secara serentak di kota Makassar," Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polrestabes Makassar AKBP Muhammad Hidayat mengatakan, penertiban akan dilakukan secara serentak Sabtu (7/4/2012) malam ini.

Menurut dia, balap liar di Makassar marak dan sangat meresahkan warga, utamanya pengendara lain. Untuk itu seluruh jajaran Polrestabes Makassar diinstruksikan melakukan penertiban.

Balap liar, lanjut Kasatlantas kegiatan ini terkait dengan pelanggaran UU No.22 Tahun 2009 pasal 297 yakni mengemudikan kendaraan bermotor berbalapan di jalan. "Ancamannya pidana 1 tahun dan denda 3 juta," tegas Hidayat.

Ia juga menghimbau kepada seluruh warga Makassar khususnya para orangtua untuk mengawasi anak-anaknya untuk tidak mengendarai kendaraannya yang berpeluang ikut balapan liar. Pasalnya, pelaku balap liar kebanyakan dilakukan oleh anak-anak remaja atau usia sekolah.

"Orang tua bisa mengenali kendaraan anaknya yang sering balapan dengan mengecek knalpot racing, tanpa spion, sayap dilepas dan dimodifikasi untuk balap," jelasnya.

Bagi yang malam ini tertangkap melakukan balapan di jalanan, Hidayat menegaskan, motor pelaku akan disita selama sebulan, setelah sidang di pengadilan pada hari Jumat 11 Mei 2012.[iaf]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA