Demokrat Sindir Ical Soal Penghargaan Seniman Jawa

AR
Oleh Agus Rahmat
Jumat 11 Mei 2012
share
Aburizal Bakrie - inilah.com/Agus Priatna

INILAH.COM, Jakarta - Partai Demokrat menilai langkah Ketua Umum DPP Partai Golkar Aburizal Bakrie memberi penghargaan kepada para seniman Jawa tidak berpengaruh pada elektabilitasnya.

Bagi Demokrat, langkah itu tidak akan otomatis membuat masyarakat Jawa memilih Ical pada pilpres 2014 mendatang. "Persoalannya bukan itu, kamu mau kasih berapa juga (diterima), namanya juga hidup," kata Wakil Ketua Umum DPP Partai Demokrat Max Sopacua, saat dihubungi, jumat (11/5/2012).

Max mengatakan, bahwa upaya yang dilakukan oleh capres seperti Ical adalah hal yang wajar. Namun Demokrat yakin kalau upaya itu tidak akan terlalu berpengaruh. Bahkan, Demokrat mengaku punya strategi sendiri.

"Kami tidak merasa ketinggalan, itu tidak menjadi jaminan. Kalau ada capres yang merambah ke daerah, itu strategi dia, tapi PD punya strategi juga," kata anggota Komisi I DPR ini.

Sebelumnya, Ical memberikan penghargaan kepada tiga seniman tradisional dan dua paguyuban dari Jawa Tengah dan Jawa Timur. Mereka dianggap berjasa karena telah mendedikasikan hidupnya dalam pelestarian budaya Jawa. Masing-masing tokoh ini menerima piagam penghargaan dan uang tunai sebesar Rp50.000.000.

Kelima budayawan yang diberi penghargaan adalah Ki Anom Suroto dari kesenian wayang, Ki Achmad Tobroni kesenian reog, Cak Edi Karya kesenian Ludruk, Sanamo pengrajin keris, dan Bondan Nusantara dari kesenian ketoprak. [mah]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA