Faisal-Biem Raih Suara Dukungan Terbanyak

AF
Oleh Ahmad Farhan Faris
Jumat 11 Mei 2012
share
pilkadadki.com

INILAH.COM, Jakarta - Dua pasangan bakal calon Gubernur dari jalur independen, dinyatakan lolos menjadi calon Gubernur DKI Jakarta oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) DKI Jakarta. Dari dua pasang Cagub independen, pasangan Faisal Basri-Biem Benyamin memiliki suara dukungan sah terbanyak.

Ketua Pokja Pencalonan KPUD DKI Jakarta Jamaludin F Hasyim mengatakan, berdasarkan hasil yang ditetapkan ada pelonjakan suara dukungan ketika dilakukan verifikasi faktual tahap kedua oleh kedua pasangan calon independen di mana pasangan Faisal Basri-Biem Benyamin mengungguli pasangan Hendardji Supandji-A Riza Patria.

"Dari syarat minimal dukungan, pasangan Faisal-Biem itu sebanyak 487.150 jiwa, sedangkan dukungan pasangan Hendardji-Riza berjumlah 419.416 pendukung," ujar Jamaludin F Hasyim di kantor KPU DKI Jalan Budi Kemuliyaan, Jakarta, Jum'at, (11/5/2012).

Sementara Ketua Pokja Pendataan Pemilih KPU DKI Jakarta, Aminullah mengatakan penambahan jumlah suara dukungan pasangan Hendardji-Riza lebih sedikit dibanding dengan dukungan pasangan Faisal-Biem. "Ya kalau dilihat hasil akhir berarti pasangan Faisal-Biem itu menambahkan sekitar 700 ribuan lebih, sedangkan Hendardji-Riza dibawah itu," ucapnya.[bay]

Melihat keadaan seperti itu, dari tim pasangan Joko Widodo dengan Basuki T Purnama mengira dan menduga pihak KPU DKI Jakarta tidak transparan dalam melakukan verifikasi.

"Seharusnya petugas KPU DKI itu transparan, kita bisa lihat dari cara melaksanakan pengumuman yang langsung dibacakan tanpa adanya penjelasan mekanisme teknis. Para calon independen melakukan pengumpulan KTP sebagai bukti dukungan, bukan pengumpulan massa sebagai dukungan sehingga perlu dilakukan verifikasi. Harusnya, KPU DKI menjelaskan bagaimana tahap verifikasi dilaksanakan," kata Ketua DPD Jakarta Gerindra, Muhammad Taufik.

Perlu diketahui, untuk pasangan Faisal-Biem dari jumlah 381.490 dukungan yang diserahkan kepada KPU DKI terdapat 10.164 dukungan yang tidak memenuhi syarat. Sedangkan, untuk pasangan Hendardji-Riza dari 29.698 suara yang diserahkan, sebanyak 92 dukungan dinyatakan tidak memenuhi syarat.[bay]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA