Konsinyering Terlarang di Kemenkeu

MR
Oleh Mosi Retnanti Fajarwati
Jumat 11 Mei 2012
share
IST

INILAH.COM, Jakarta - Kementerian Keuangan mengimbau para pegawainya untuk tidak melakukan konsinyering di luar lingkungan kantor, seperti hotel atau gedung pertemuan lainnya. Langkah itu ditempuh untuk menekan anggaran.

Konsinyering merupakan pengumpulan pegawai di suatu tempat (hotel, penginapan, ruang rapat lainnya) untuk menggarap pekerjaan secara intensif yang sifatnya mendesak, harus segera selesai dan tidak dapat dikerjakan di kantor serta dilarang meninggalkan tempat kerja selama kegiatan berlangsung.

"Konsinyering, diminta sekarang di dalam kantor. Kepada yang bersangkutan akan diberikan tambahan biaya supaya dia pas pulang malam kan bisa naik taksi, makan. Tapi tidak lagi di hotel, tapi saat keadaan tertentu masih dapat dilakukan dengan pertimbangan khusus," ujar Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan Kiagus Badaruddin di Jakarta, Jumat (11/5/2012).

Kemenkeu juga melakukan pembatasan jumlah tim konsultasi terkait langkah untuk menekan anggaran. "Menteri Keuangan meminta uji coba yang diterapkan di Kemenkeu. Tim boleh saja mau ikut berapa saja tetapi yang dibayar itu diberikan batas. Kalau eselon 1, eselon 2 itu 2, kalau eselon 3 ke bawah 3 tim saja yang dibayar. Tapi dalam hal dirasakan memang lebih dari itu maka itu harus dimintakan persetujuan ke Menteri Keuangan melalui Sekjen."

Dua langkah tersebut diharapkan dapat membantu menghemat anggaran kementerian hingga 10%. "Mudah-mudahanlah, untuk sementara ini kita targetkan 10 persen, tapi kalau lebih dari itu Alhamdulillah," tutur Kiagus.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA