Pemilukada DKI Jakarta 2012

KPU Bantah Verifikasi tak Transparan

AF
Oleh Ahmad Farhan Faris
Jumat 11 Mei 2012
share
IST

INILAH.COM, Jakarta - Dianggap tak transparan dalam melakukan verifikasi terhadap pasangan independen, KPU DKI Jakarta menegaskan, dalam proses verifikasi yang berlangsung diawasi oleh Panwaslu dan Pengawas Pemilu Lapangan (PPL).

"Bagaimana mungkin proses verifikasi dukungan independen baik administrasi maupun faktual di PPS tak transparan. Apalagi dalam proses yang berlangsung diawasi oleh Panwasluda dan PPL," tegas Ketua Pokja Pencalonan KPU DKI, Jamaludin Hasyim di kantor KPU DKI.Jalan Budi Kemuliyaan, Jakarta, Jumat (11/5/2012).

Dijelaskan Jamal, pihak KPU DKI Jakarta selalu menginformasikan hasilnya kepada Panwasluda Jakarta. "Kami sampaikan kok hasil verifikasi pertama ke Panwas dan ini juga akan kami sampaikan ke Panwas. Jadi, kalau tuduhan itu sepertinya tidak tahu mendetail," sangkalnya.

Seperti diketahui, sebelumnya tim pemenangan pasangan bakal calon Jokowi-Ahok menuding dalam menjalankan proses verifikasi KPU DKI Jakarta tidak transparan. Anggapan tersebut dikeluarkan tatkala pengumuman verifikasi yang langsung dibacakan tanpa adanya penjelasan mekanisme teknis.

"Para calon independen melakukan pengumpulan KTP sebagai bukti dukungan, bukan pengumpulan massa sebagai dukungan sehingga perlu dilakukan verifikasi. Harusnya, KPU DKI menjelaskan bagaimana tahap verifikasi dilaksanakan," kata Ketua DPD Jakarta Gerindra, Muhammad Taufik.[dit]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA