Pemilukada DKI Jakarta 2012

Mampu Lolos, Dua Calon Independen Ukir Sejarah

WP
Oleh Wahyu Praditya Purnomo
Jumat 11 Mei 2012
share
Adhyaksa Daud - inilah.com

INILAH.COM, Jakarta - Lolosnya dua bakal calon dari jalur independen menjadi calon gubernur dan wakil gubernur dalam pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) DKI Jakarta 2012, baru pertama kali terjadi. Menariknya, tanpa dukungan partai politik, kedua pasangan tersebut berhasil lolos serta mampu bersaing dengan empat pasangan calon yang diusung banyak parpol.

Ketua Tim Sukses Hendardji-Riza, Adhyaksa Daud menegaskan, untuk pertama kalinya, dalam sejarah Pemilukada DKI Jakarta, bakal calon gubernur dan wakil gubernur dari jalur independen yang lolos verifikasi vaktual dan ditetapkan sebagai pasangan Cagub/Cawagub.

Menurut Adhyaksa, dengan ditetapkannya Hendardji-Riza, maka dimulailah pertarungan dengan empat pasangan lain yang didukung partai politik, serta satu pasangan lainnya dari jalur independen. Kami sudah siap dengan strategi pemenangan pemilukada. Kami optimis akan memenangkan pemilukada ini, ujarnya.

Senada dengan Adhyaksa, Koordinator Bidang Hukum dan Advokasi Tim Sukses Faisal Basri-Biem Benyamin, Reinhard Parapat, juga mengaku lega dan gembira, pasangan yang diusungnya dinyatakan lolos menjadi calon gubernur dan wakil gubernur DKI dalam Pemilukada DKI 2012.

KPU telah mencetak sejarah penting dalam dunia perpolitikan dan pesta demokrasi. Ini bisa menjadi pembelajaran politik yang sangat penting bagi generasi muda, bahwa calon dari independen juga mampu bersaing dengan calon yang diusung dari parpol, ujarnya.

Untuk strategi pemenangan Faisal-Biem, Reinhard menegaskan pihaknya akan membangun 1.000 posko pemenangan di tingkat kelurahan dan kecamatan di lima wilayah DKI Jakarta. Posko ini didirikan untuk meraih dukungan sebanyak mungkin dari warga melalui kelurahan dan kecamatan yang tersebar di seluruh wilayah Jakarta.[dit]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA