Pembukaan Perdagangan Jumat (11/5)

Giliran Wall Street Dihantam JPMorgan

IN
Oleh inilahcom
Jumat 11 Mei 2012
share
IST

INILAH.COM, New York Kerugian yang diderita bank terbesar di AS, JPMorgan Chase, hingga US$2 miliar mengakibatkan perdagangan di Wall Street, Jumat (11/5/2012), berlangsung lesu. Penyebabnya harga saham perbankan mengalami penurunan.

Sesaat setelah bel perdagangan dibunyikan, indeks Dow Jones Industrial Average turun 0,3% atau 40 poin. Indeks S&P 500 juga turun 0,2% atau 3 poin. Sebaliknya indeks komposit Nasdaq dibukanaik 6 poin atau 0,2%.

CNNMoney melaporkan, saham JPMorgan Chase langsung turun saat ditransaksikan. Penurunan ini diikuti saham Citigroup, Morgan Stanley, Bank of America, Goldman Sachs, dan Wells Fargo antara 1,5% hingga 4%.

Sebelumnya, JPMorgan Chase mengungkapkan pihaknya merugi hingga US$2 miliar atau sekitar Rp18,4 triliun akibat transaksi kredit derivatif yang dibuat pialangnya. Chief Executive JPMorgan Chase, Jamie Dimon menyatakan kerugian itu diperkirakan bisa lebih buruk lagi.

Menurut Dimon, kerugian terjadi akibat kecerobohan, kelalaian, dan pengambilan keputusan yang buruk para pialangnya. Kerugian itu terjadi di divisi investasi yang melakukan transaksi proprietary trading. Trading jenis ini sebenarnya akan dilarang oleh otoritas keuangan AS karena sangat berisiko. [tjs]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA