Anggota Brimob Gadungan Tepergok Curi Motor

IS
Oleh Izur Suriani
Minggu 20 Mei 2012
share
foto: Ilustrasi

INILAH.COM, Makassar - Hery Heryanto (18), warga asal Taroang, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, dikeroyok massa setelah tepergok mencuri sepeda motor. Ia mengaku sebagai anggota Brimob Polda Sulawesi Barat, sehingga tersangka tidak babak belur.

Aksi pencurian dilakukan Minggu (20/5/2012), pukul 03.15 WiTA, di Jalan Bandang Baru. Ia tepergok tengah mendorong motor curian oleh pemiliknya.

Agung (45), pedagang makanan Sari Laut, pemilik motor bernopol DD 2883 IR, itu kaget setelah melihat motor yang ia parkir sedang didorong Hery, tak jauh dari warungnya di Kecamatan Bontoala.

Ia sontak berteriak dan mengejar pelaku. Seketika warga berdatangan. Mereka mengejar tersangka dan berhasil menangkapnya. Hery yang pernah bekerja di sebuah toko mini market itu pun dipukuli. Namun, belum sempat babak belur, ia mengaku sebagai seorang polisi.

Hery mengeluarkan foto dirinya saat mengenakan seragam anggota Brimob dengan pangkat dan nama Brigadir Cundung. Amuk massa pun mereda. Sejumlah polisi yang sedang mengamankan balap liar, tak jauh dari situ, datang ke lokasi kejadian dan membawa tersangka ke Polsek Bontoala di Jalan Sunu. Dalam pemeriksaan, Hery tak bisa mengelak ketika dimintai kartu tanda anggota kepolisian.

Ia mengaku fotonya yang mengenakan seragam dinas itu, palsu. "Itu baju pinjaman waktu dulu kerja di mini market. Pakaian itu milik anggota Brimob yang sedang berjaga di tempat saya dulu bekerja," tutur Hery.

Kepala Bidang Humas Polda Sulselbar Komisaris Besar Chevy Ahmad Sopari mengakui, pelaku mendapatkan baju PDL hijau milik Brigadir Cundung itu di pos security salah satu mini market di Jalan Sultan Alauddin, Kecamatan Rappocini.

"Tersangka melihat baju milik Brigadir Cundung yang sedang bertugas dan digantung di pos, yang sementara pengamanan di Lotte Mart. Pelaku kemudian memakai dan meminta kepada rekannya, Muchlis untuk berfoto, lalu fotonya dia simpan di dompet," ujar Chevy. Kasus pencurian kendaraan roda dua ini ditangani Polsek Bontoala. [yeh]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA