Pertumbuhan Ekonomi 2013 6,8%-7,2%

Hatta: Perlu Kerja Keras

MR
Oleh Mosi Retnani Fajarwati
Sabtu 07 Juli 2012
share
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa - Inilah.com/Agus Priatna

INILAH.COM, Jakarta - Pemerintah optimis ssumsi pertumbuhan ekonomi 2013 berkisar 6,8%-7,2% bakal tercapai, namun memerlukan kerja keras di tengah kondisi global yang masih rentan.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa menyatakan, Indonesia mumpuni untuk mencapai pertumbuhan ekonomi 2013 yang diasumsikan 6-8%-7,2%. Hal tersebut terlihat dari pencapaian pertumbuhan ekonomi hingga saat ini.

"Kalau kita perhatikan 6,8-7,2 persen itu sesuatu yang bisa dicapai Indonesia, mengingat dalam situasi yang terburuk di Eropa, kita masih bisa tumbuh di kuartal I (2012) sebesar 6,3 persen," tutur Hatta di Jakarta, Jumat (6/7/2012).

Menurutnya, pertumbuhan ekonomi tahun depan masih akan didukung oleh pertumbuhan investasi dan konsumsi. Sementara untuk ekspor, yang juga pendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia selama ini, harus melakukan perluasan wilayah pemasaran.

"Dan itu bukan artinya kita melarang barang impor, akan tetapi selalu ada cara kita yang elegan dan tidak menyalahi WTO (Organisasi Perdagangan Dunia), menjaga pasar domestik kita disamping investasi tentu saja," ungkapnya. [ast]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA