Kinerja Perusahaan Pengaruhi Bursa AS Pekan Depan

AM
Oleh Agustina Melani
Minggu 15 Juli 2012
share
Ist

INILAH.COM, San Francisco - Prediksi kinerja perusahaan-perusahaan Amerika Serikat dan penjualan ritel pada Juni akan menjadi fokus perhatian pelaku pasar pada pekan depan di bursa saham Amerika Serikat.
Sejumlah perusahaan yang berada di indeks saham Dow Jones dan S&P 500 akan melaporkan kinerja pada pekan depan. Sebagian besar analis menyatakan hasil kinerja kuartal kedua akan lebih rendah. Selain itu, fokus pelaku pasar tertuju kepada kuartal berikutnya. "Pasar lebih suka melihat guidance. Minggu depan , pelaku pasar ingin melihat kinerja perusahaan ada perbaikan atau tidak berubah," ujar John Canally, Investment Strategist LPL Financial, seperti dikutip dari Marketwatch, akhir pekan ini.
Pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat diprediksikan melambat terpengaruhi penurunan di Eropa dan China. Pertumbuhan China mencapai 7,6% pada kuartal kedua, dan laju pertumbuhan terendah dalam tiga tahun. Pelemahan euro terhadap dolar AS diperparah dengan konsumen Eropa mengencangkan ikat pinggang sehingga berpengaruh terhadap pendapatan perusahaan Amerika Serikat.
Sebanyak 30 perusahaan dari 500 perusahaan di S&P 500 mengumumkan kinerja dalam seminggu terakhir. Sekitar 70% telah melaporkan pendapatan di atas perkiraan konsensus. Adapun dua hal yang perlu diperhatikan pada musim laporan keuangan mendatang bagaimana perusahaan menyikapai ketidakpastian di Eropa sepanjang sisa tahun 2012 dan masalah fiskal."Investor ingin mendengar lebih banyak dari para CEO tentang bagaimana mereka berhadapan dengan ketidakpastian domestik terhadap kenaikan pajak dan pemotongan belanja pemerintah, dan bagaimana mempengaruhi investasi mereka," ujar Mark Luschini, Chief Investment Strategist Janney Montgomery Scott LLC.
Adapun perusahaan yang akan mengumumkan kinerja pada Senin antara lain Citigroup Inc dan Gannet Co. Lalu hari berikutnya disusul Johnson&Johnson Inc, Coca-Cola Co, Goldman Sachs Group Inc, Intel Corp, dan Yahoo Inc. Bank of America Corp, American Express Co, dan IBM akan melaporkan kinerja pada Rabu depan. Lalu disusul Microsoft Corp dan Textron Inc, dan Google Inc akan melaporkan kinerja pada Kamis.
Selain itu, laporan The Fed mengenai laporan kebijakan moneter ke Kongres juga akan menjadi perhatian pelaku pasar pada pekan depan. Pengumuman data penjualan ritel pada Juni juga akan menarik perhatian pelaku pasar.
Sentimen luar negeri yang mempengaruhi bursa saham yaitu Spanyol dan Perancis akan mengadakan lelang obligasi pada Kamis sebelum pertemuan pejabat Eropa pada Jumat. Pertemuan pejabat Eropa tersebut untuk menuntaskan rincian akhir dari bailout bank Spanyol.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA