Ukie Jaya Mahendra

Pilih Saham-saham dalam Tren Naik

AM
Oleh Ahmad Munjin
Senin 16 Juli 2012
share
Ukie Jaya Mahendra - inilah.com

INILAH.COM, Jakarta IHSG diprediksi rebound seiring potensi bangkitnya bursa regional dalam sepekan ke depan. Pilih tiga saham yang berada dalam tren naik. Apa saja?

Analis dari Asosiasi Ananlis Efek Indonesia (AAEI) Ukie Jaya Mahendra melihat potensi penguatan IHSG dalam sepekan ke depan dengan resistance 4.086 dan support 3.963. Potensi penguatan seiring potensi technical rebound pada bursa regional yang enam hari terakhir berturut-turut konsolidasi.

Selain itu, lanjut Ukie, secara teknikal, setelah IHSG bertenger di 4.086, lalau turun hingga level terendah di 3.963, sekarang IHSG sudah kembali berada di 4.020. "Karena itu, dalam sepekan ke depan ada peluang bagi indeks untuk kembali memecahkan level 4.086," katanya kepada INILAH.COM.

Pada perdagangan Jumat (13/7/2012) Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG ^JKSE) ditutup menguat 35,55 poin (0,89%) ke posisi 4.019,673 dengan intraday tertinggi 4.024,131 dan terendah 3.984,088. Begitu juga dengan indeks saham unggulan LQ45 ^JKLQ45 yang naik 6,32 poin (0,93%) ke angka 687,18.Berikut ini wawancara lengkapnya:

IHSG menguat ke 4.019,6. Bagaimana Anda melihat arahnya dalam sepekan ke depan?

Saya melihat adanya potensi penguatan IHSG dalam dalam sepekan ke depan. Resistance indeks berada di angka 4.086 dan support di level 3.963.

Faktor apa saja yang mendukung penguatan indeks?

Potensi penguatan indeks dalam sepekan ke depan, seiring dengan potensi rebound pada bursa regional. Sebab, selama enam hari berturut-turut bursa regional konsolidasi sehingga pekan depan potensial rebound.

Apalagi, Produk Domestik Bruto (PDB) China di level 7,6% untuk kuartal II-2012 masih berada di atas ekspektasi pasar 7,5%. Pasar melihat, China masih tumbuh meskipun turun dibandingkan kuartal sebelumnya 8,1%.

Selain itu?

Setelah tembus 4.000, IHSG sudah waktunya balik arah menguat untuk membentuk level tertinggi barunya. Jadi, pelaku pasar akan bargain hunting pada saham-saham yang sudah melemah, dan minat pasar pada saham-saham di sektor properti masih cukup baik. Begitu juga dengan potensi rebound saham-saham di sektor komoditas. Jadi, ada potensi penguatan IHSG sepekan ke depan.

Bagaimana dengan berbagai bank sentral di dunia yang memangkas asumsi Produk Domestik Bruto (PDB) mereka untuk 2012?

Sebelum China merilis PDB-nya yang turun, memang berbagai bank sentral pun sudah memangkas target pertumbuhan ekonomi untuk 2012. Antara lain, The Fed memangkas target Produk Domestik Bruto (PDB) ASjadi 1,9% hingga 2,4% dari target sebelumnya 2,4% hingga 2,9%. Pada saat yang sama, Bank of Japan (BoJ) juga memangkas target pertumbuhan ekonominyajadi 2,2% untuk 2012 dari asumsi sebelumnya 2,3%.Begitu juga dengan Bank Indonesia yang memangkas target pertumbuhan ekonomi Indonesia dari kisaran 6,3% hingga 6,7% jadi 6,1% hingga 6,5% untuk 2012.

Tapi, saya kira itu sudah diantisipasi pasar sehingga sentimennya sudah terdikskon. Pasar sudah melakukan adjustment terhadap pemangkasan pertumbuhan global. Karena itu, sentimen perlambatan global sudah tak lagi berpengaruh pada pergerakan IHSG dalam sepekan ke depan.

Sentimen dalam negeri bagaimana?

Dari dalam negeri, pasar juga sudah mulai mengantisipasi segera dirilisnya kinerja keuangan emiten untuk kuartal II-2012. Biasanya, pada Agustus-September kinerja keuangan dari berbagai emiten dirilis. Tapi, meski baru dirilis Agustus, kinerja emiten tetap jadi katalis penguatan indeks sepekan ke depan. Mungkin beberapa aksi korporasi dari emiten juga akan turut memperkuat kenaikan IHSG.

Beberapa sektor saham tampak akan menguat terutama saham-saham di sektor properti dan kemungkinan rebound saham-saham di sektor komoditas. Sementara itu, faktor momentum jelang puasa tidak terlalu berpengaruh pada pergerakan IHSG sepekan ke depan.

Saham-saham pilihan Anda?

Saya rekomendasikan positif tiga saham dari sektor properti dan perdagangan alat berat. Saham-saham pilihan untuk sepekan ke depan adalah PT Alam Sutera Realty (ASRI.JK) dengan target resistance Rp510 dan support 470; PT United Tractor (UNTR.JK) dengan target resistance Rp23.000 dan support Rp21.500; dan PT Bumi Serpong Damai (BSDE.JK) dengan target resistance Rp1.160 dan support Rp1.090.

Bagaimana strategi trading pada saham-saham tersebut?

Saya rekomendasikan collective buy saham-saham tersebut karena trennya sedang naik, technical rebound setelah jenuh jual (oversold).

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA