Jelang Puasa, Transaksi Jual-Beli Emas Sepi

ST
Oleh Seno Tri Sulistiyono
Minggu 15 Juli 2012
share
inilah.com

INILAH.COM, Jakarta Sepekan menjelang puasa, toko-toko emas terlihat sepi. Tidak banyak yang melakukan transaksi, meskipun saat ini harga logam mulia sedang turun.

Hal ini terlihat dari pantauan INILAH.COM di toko emas Cikini Jakarta Pusat dan Pasar Rumput Jakarta Selatan, Jumat (13/7/2012).

"Kalau bulan sekarang yang jual sepi dan yang beli juga sepi. Beda sama bulan Juni kemarin. Banyak yang jual emas buat biaya sekolah" kata Willy pedagang emas Pasar Rumput, Jakarta Selatan.

Harga emas saat ini mengalami penurunan. Untuk emas 24 karat, harga turun dari Rp487 ribu menjadi Rp484.5 ribu per gramnya, "Sedangkan emas putih harganya sekarang turun ke Rp355 ribu," tambahnya sambil melayani pembeli.

Menurut Willy, turunnya harga emas saat ini tidak banyak mempengaruhi masyarakat untuk membeli emas. "Mungkin karena turunnya harga emas tidak terlalu jauh dari harga sebelumnya,"ujarnya.

Sienny, pedagang emas di Cikini Jakarta Pusat juga mengakui kalau transaksi emas sekarang ini sedang sepi. "Karena (harga emas) turun, jadi ga ada yang jual dan yang beli juga ga banyak. Mungkin karena turunnya cuma sedikit, ya" ungkapnya

Sementara Novi, salah seorang pelanggan di Cikini memutuskan untuk membeli kalung, melihat harga emas tidak turun signifikan. "Saya beli kalung emas cuma buat perhiasan saja, emang sih, (harga emas) lagi turun, tapi ga banyak juga turunnya," ucapnya

Lesunya transaksi di toko emas, berbeda dengan situasi di Pegadaian Pasar Rumput. "Masyarakat sekitar banyak yang gadai emasnya menjelang puasa, tapi dua minggu menjelang lebaran biasanya lebih banyak lagi," terang Pimpinan Cabang Pegadaian Pasar Rumput, Jakarta Selatan, Endro Prastowo.

Ia juga mengakui, peminjaman paling banyak di atas Rp 5 juta dan jelang lebaran nanti biasanya transaksi gadai meningkat 50 persen untuk cabang Pasar Rumput. [ast]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA