Bebas BM, Harga Kedelai Tetap Melambung

MR
Oleh Mosi Retnani Fajarwati
Rabu 25 Juli 2012
share
inilah.com/Wirasatria

INILAH.COM, Jakarta - Menteri Perdagangan, Gita Wirjawan menilai, pembebasan bea masuk impor kedelai tidak akan memberi dampak signifikan bagi penurunan harga komoditas tersebut.

Saat ini kedelai dikenai bea masuk impor sebesar 5%. "Kenaikannya jauh di atas 5 persen kalau menggunakan bea masuk menjadi nol, itu saya tidak yakin itu bisa mengubah," ungkapnya, Rabu (25/7/2012).

Menurutnya, yang menjadi permasalahan di Indonesia bukan hanya lahan tanam kedelai yang minim. Namun pola konsumsi yang mempengaruhi besarnya impor kedelai. Saat ini konsumsi kedelai per tahun mencapai 26 juta ton, dan produksi nasional hanya mencapai 600-800 ton.

"Saya rasa elasitisitas dimana ini harus benar-benar diukur kalau harga meningkat maka apakah kita akan mengubah pola konsumsi, itu saya tidak tahu. Saya rasa nanti kita harus konsultasi dengan kementerian teknis," jelasnya.

Pemerintah melalui Kementerian Keuangan akan mengkaji penghapusan bea masuk impor kedelai, sehubungan dengan melambungnya harga kedelai di pasar global. [hid]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA