Ziarah Ke Alam Barzakh

IN
Oleh inilahcom
Rabu 31 Oktober 2012
share
Buku: Ziarah Ke Alam Barzakh - ist

INILAH.COM,Jakarta - Manusia sesungguhnya tertidur; ketika mati, mereka terjaga (an nas niyam; fa-idza mutu, intabahu). Demikian sabda Rasul yang mulia.
Ungkapan bernas ini tampaknya lebih merupakan peringatan ketimbang pelajaran. Rasul yang mulia sepertinya hendak mengingatkan kita bahwa hidup ini tidak lebih dari sekadar "mimpi" sesaat. Kita akan benar-benar terjaga justru setelah kita mati.
Saat itu, kita akan sadar bahwa kehidupan yang sebenarnya adalah kehidupan setelah kematian. Dalam konteks ini, memahami "realitas" kehidupan pasca-kematian akan senantiasa relevan dan signifikan bagi setiap Muslim.
Tujuannya bukanlah semata-mata memahami makna kehidupan pasca kematian itu, melainkan juga lebih penting lagi---memaknai hakikat kehidupan di alam fana ini.
Lewat buku ini, Imam Jalaluddin as-Suyuthi mencoba mengajak kita melakukan semacam "ziarah" ke alam barzakh sebuah alam penantian penuh misteri pasca kematian yang diyakini akan menentukan nasib setiap manusia dalam menuju terminal akhir kehidupan akhiratnya; surga atau neraka.
Judul Buku: Ziarah Ke Alam Barzakh
Penulis: Imam Jalaluddin As-suyuthi
Penerbit: Pustaka Hidayah
Terbit: Oktober 2012
ISBN: 9789799109507 [mor]

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA