Kredit Korporasi Bank Permata Capai Rp40 Triliun

CM
Oleh Charles Maruli Siahaan
Selasa 30 Oktober 2012
share
ist

INILAH.COM, Jakarta - PT Bank Permata Tbk (BNLI) membukukan kredit korporasi sebesar Rp40 triliun per September 2012 atau 40% dari total outstanding.

"Portofolio wholesale kita sekitar Rp40 triliun sampai kuartal tiga, pertumbuhannya 30% dibanding tahun lalu," ujar Direktur Wholesale Banking PermataBank, Roy Arfandy di Jakarta, Selasa (30/10/2012).

Dia mengutarakan untuk kredit wholesale, PermataBank fokus pada beberapa industri yang terkait ketahanan ekonomi, misalnya industri yang berbasis sumber daya alam, industri makanan minuman, industri logistik dan transportasi, dan industri energi dan infrastruktur. "Itu 4 industri yang kita fokus," tuturnya.

Tapi, lanjutnya, PermataBank tetap menjaga pertumbuhan secara merata antara kredit di wholesale dan retail. "Tapi, kalau retail kan nasabahnya lebih kecil-kecil dibandingkan corporate. Jadi kalau fokus ke corporate itu kan bunga loannya lebih besar, jadi keliatan impact-nya lebih cepet. Tapi secara overall kita tetap focus di retail komersial," katanya.

"Kita punya portfolio kredit cukup merata rata-rata 5-7 persen dari total kredit yang kita kasih. Misalnya sektor tekstil, infrastruktur sekitar 5-7 persen. Itu untuk menyebar risikonya secara merata," tuturnya.

Terkait pembiayaan multifinance dari total wholesale, menurutnya, besarnya sekitar Rp3,2 triliun. "Pokoknya kredit kita merata, tidak ada yang lebih dari 10 persen," katanya. Dia juga menargetkan kredit sebesar Rp41-42 triliun ke wholesale tahun ini. [hid]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA