Naikkan Ekspor

Kemendag Bisa Andalkan Ekonomi Kreatif

RA
Oleh Restu A Putra
Selasa 30 Oktober 2012
share
ist

INILAH.COM, Jakarta - Kementerian Perdagangan harus mengembangkan ekonomi kreatif untuk meningkatkan peran Indonesia dalam perdagangan internasial ekonomi global masih lesu.

Pengamat ekonomi Unika Atmajaya, A Prasetyantoko, mengatakan upaya apa pun yang dilakukan, nyatanya perekonomian Eropa dan AS tetap negatif dan berimbas pada ekonomi dalam negeri.

"Artinya Kementerian Perdagangan ini memang berada dalam posisi yang sulit, karena ekspor yang defisit dan impor yang justru tumbuh memang tak bisa dihindari," ujarnya dalam diskusi dan launching buku Rumah Ekonomi Rumah Budaya di Jakarta, Selasa (30/10/2012).

Oleh karenanya Prasetyantoko menyarankan ada satu celah sektor penting untuk mengantisipasi perekonomian global yang sulit dihindari itu dengan mengembangkan ekonomi kreatif. Saat inikontribusi ekonomi kreatif menyumbang 4,7% terhadap pendapatan negara.

"Perdagangan dalam negeri itu sesungguhnya menjadi representasi perdagangan antar negara, nah coba kalau sektor ekonomi kreatif dibangun, karena ada kontribusi yang diberikan disini," ujarnya. Kontribusi ekonomi kreatif dapat menjaring tenaga kerja, selain bisa memberikan dampak positif pada pendapatan negara. [hid]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA