Tambora Akan Diubah Jadi Kawasan Kantor dan Dagang

KS
Oleh Karel S Ratulangi
Selasa 30 Oktober 2012
share
Camat Tambora, Isnawa Adjie - ist

INILAH.COM, Jakarta - Camat Tambora, Jakarta Barat Isnawa Adjie mengatakan akan merubah peruntukkan kawasan hunian di kecamatan Tambora menjadi kawasan Wisma Kantor (WKT) dan Wisma Dagang (WDG).

Hal ini dikatakan dalam Fokus Grup Discussion (FGD) bersama pengusaha garmen di Kawasan Tambora. Pertumbuhan industri garmen di Kecamatan Tambora, Jakarta Barat semakin semrawut, cukup beralasan jika beragam permasalahan terjadi di kawasan tersebut, mulai dari kebakaran, kemacetan hingga permasalahan sosial.

Pemerintah akan mencari solusi agar pengalihan fungsi itu tidak merugikan masyarakat. Pemerintah pada dasarnya mempunyai beragam rencana untuk menata ulang kawasan tersebut yang masuk dalam rencana detail tata ruang (RDTR). Salah satunya merelokasi kawasan tersebut ke kawasan industri.

"Akan tetapi, lantaran kawasan industri garmen di kawasan Tambora saling melengkapi dan merupakan kawasan yang paling strategis dalam industri. Tentunya tidak akan mudah merelokasi," ujar Isnawa di Jakarta, Selasa (30/10/2012).

Dengan perubahan peruntukkan tersebut tentunya masyarakat yang memiliki usaha garmen tidak akan dirugikan. Untuk mendukungnya, pemerintah akan menyediakan semacam kemudahan. Antara lain, dalam hal pengurusan Surat Izin Tempat Usaha (SITU), Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), dan Tanda Daftar Perusahaan (TDP) untuk memperoleh pinjaman sebagai modal usaha.

Salah seorang pengusaha konveksi, Jupiter, mengaku tidak mempermasalahkan upaya yang dilakukan pemerintah asal tidak mengangu aktivitas pengusaha garmen. Hanya saja ini harus dibicarakan dengan pengusaha garmen dan masyarakat yang tinggal di kawasan Tambora sebab di kecamatan tersebut ada sedikitnya 276.691 jiwa yang memiliki profesi beragam. "Secara pribadi saya tidak mempermasalahkan kalau itu menjadi solusi yang terbaik," ucap dia. [tjs]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA