PLN Engineering Bangun PLTG CNG di Jambi

TS
Oleh Tio Sukanto
Selasa 30 Oktober 2012
share
ist

INILAH.COM, Jakarta - PT PLN Engineering saat ini sedang membangun PLTG CNG di wilayah Jambi dengan kapasitas 30 mega watt (MW), ditargetkan pada April 2013 sudah beroperasi.

Demikian disampaikan Sekretaris Perusahaan PLN Engineering, Endang Sugiarto kepada INILAH.COM di Jakarta, Selasa (30/10/2012). Pembangunan PLTG CNG ini untuk menutup kebutuhan beban puncak dari pembangkit yang ada saat ini. "PLTG CNG ini merupakan yang pertama kali dikembangkan di Indonesia," kata Endang.

Endang mengatakan bahwa, pembangunan PLTG CNG tersebut adalah untuk mengganti kebutuhan beban puncak dari penggunan pembangkit gas. Beban puncak rata-rata terjadi pada jam 5 sore sampai dengan jam 10 malem. "CNG ini untuk isi beban puncak, jadi saat tidak bisa dipenuhi lagi oleh gas, CNG akan mengisi keksongan itu," kata Endang.

Dipilihnya Jambi, menurut Endang dikarenakan wilayah tersebut terkendala oleh sumber energi primer atau mahal. "Saat ini tahapannya sudah sampai pembangunan instalasi. Sementara target beroperasi pada April 2013," ujar Endang.

Lebih lanjut, Endang mengatakan untuk pasokan CNG nya didatangkan dari PT Pertamina, sementara untuk pembangunan pembangkitnya murni dari PLN. "Ini untuk percontohan, jadi penghematan belum bisa kita hitung," katanya.

Berapa investasi yang dikeluarkan dirinya memperkirakan tidak lebih dari 1,70 triliun. "Untuk pembangunan penampungan atau tabung gas Rp170 miliar, sementara untuk pembangkitan Rp900 miliar," ucap dia. [hid]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA