4 Tersangka Simulator SIM Bebas Hari Ini

RS
Oleh Renny Sundayani
Rabu 31 Oktober 2012
share
ilustrasi

INILAH.COM, Jakarta Masa penahanan empat tersangka kasus simulator SIM di Korps Lalu Lintas Polri berakhir akhir ini, Rabu (31/10/2012). Jika KPK tidak memperpanjang masa penahanan, maka empat tersangka tersebut bebas demi hukum hari ini. Sampai saat ini Mabes Polri juga tidak memperpanjang masa penahanan mereka.

Sebagaimana diberitakan, Bareskrim telah menetapkan lima tersangka dan empat tersangka di antaranya telah ditahan. Yakni, bekas Wakil Kepala Korps Lalu Lintas (Wakakorlantas) Polri Brigjen Didik Purnomo yang bertindak sebagai Pejabat Pembuat Komitmen (PPK); AKBP Teddy Rusmawan sebagai ketua panitia lelang; Kompol Legimo yang bertindak sebagai bendahara Korlantas Polri; dan Direktur Utama PT Citra Mandiri Metalindo Abadi, Budi Santoso.

Satu tersangka lainnya, Direktur PT Inovasi Teknologi Indonesia yang menjadi perusahaan subkontraktor dari PT CMMA, Sukotjo Bambang tengah menjalani masa hukuman dalam kasus penipuan di LP Kebon Waru, Bandung.

Sementara itu, dalam kasus yang sama, KPK telah menetapkan empat tersangka yakni, mantan Kepala Korlantas Polri Irjen Djoko Susilo bertindak sebagai kuasa pengguna anggaran, Brigjen Didik Purnomo, Budi Santoso dan Sukotjo S Bambang.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Polri, Brigjen Boy Rafli Amar mengungkapkan, masa penahanan empat tersangka yang telah ditahan oleh penyidik Bareskrim Polri besok, Rabu akan habis. "Tergantung KPK akan diperpanjang atau tidak," ujar Boy.

Dia menjelaskan, kalau KPK tidak memperpanjang masa penahanan maka empat tersangka tersebut hari ini bebas demi hukum. Dikatakan, pihaknya telah menyerahkan BAP dan dokumen yang dibutuhkan KPK. "Berkas yg diinginkan oleh KPK sudah dilimpahkan," ujar Boy di Mabes Polri, Selasa (30/10).

Dikatakan, penyerahan tersebut merupakan tidak lanjut pelimpahan perkara kasus simulator yang ditangani oleh penyidik Polri ke KPK sesuai dengan instruksi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). [tjs]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

KPAI Bikin Geger - inilah.com
KPAI Bikin Geger

karikatur 22 Feb 2020 23:00

Chelsea Bungkam Spurs 2-1 - inilah.com
Chelsea Bungkam Spurs 2-1

arena 22 Feb 2020 22:12