Persidangan Korupsi Dana DPID

Andi Haris Pernah Lapor Ada Uang untuk Wa Ode

FQ
Oleh Firman Qhusnul Yakin
Selasa 30 Oktober 2012
share
inilah.com/Agus Priatna

INILAH.COM, Jakarta - Kepala Bagian Sekretariat Badan Anggaran DPR RI Nurul Faiziah membenarkan Andi Haris Surahman pernah melapor ke Badan Anggaran DPR RI terkait pemberian sejumlah uang kepada Wa Ode Nurhayati, mantan anggota Banggar DPR yang menjadi terpidana kasus Dana Penyesuaian Infrastruktur Daerah (DPID).

Uang itu diberikan untuk mengurus tiga daerah yang diminta Haris supaya mendapat alokasi. Akan tetapi permintaan tersebut ternyata tidak terpenuhi. Meski begitu, Nurul mengaku tidak mengingat tiga daerah yang dimintakan itu apa saja.

"Kalau enggak salah tiga daerah, ada Bener Meriah, Minahasa sama Aceh Besar atau mana," kata Nurul saat bersaksi untuk terdakwa Fahd El Fouz di perkara DPID di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Selasa (30/10/12).

Saat melaporkan hal itu, Haris tidak menyebut nama Fahd sama sekali. Namun Nurul menuturkan, saat itu Haris diterima oleh pimpinan Banggar. Ada Melchias Markus Mekeng, Mirwan Amir, Olly Dondokambey, dan Tamsil Linrung.

Menurut Nurul, saat itu Haris datang mau bertemu dengan pimpinan. Namun dia harus menunggu dulu disampaikan ke pimpinan. Jika disetujui maka bisa saja bertemu langsung dengan pimpinan. Nurul pun mengaku tidak mengetahui apakah pimpinan Banggar, sebelumnya telah mengenal Haris atau tidak.

Sementara itu Fahd mengaku tidak mengetahui apakah pertemuan antara Haris dengan pimpinan Banggar DPR telah diatur terlebih dahulu oleh Tamsil atau tidak. "Namun seingat saya, Haris pernah berbicara kepada saya bahwa dia diakomodir Tamsil karena ada permasalahan DPID dengan Tamsil," kata Fahd. [tjs]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA