Polri Serahkan Berkas Tersangka Simulator ke KPK

FQ
Oleh Firman Qusnul Yakin
Rabu 31 Oktober 2012
share
Foto: Ilustrasi

INILAH.COM, Jakarta - Berkas lima tersangka kasus dugaan korupsi Simulator SIM Korlantas yang ditangani Mabes Polri telah diserahkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Tim Bareskrim Mabes Polri merampungkan penyerahan berkas pada Selasa (30/10/2012) sekitar pukul 23.35 WIB. Sekitar 10 orang tim penyidik meninggalkan KPK. Beberapa orang penyidik terlihat membawa tempat meletakan berkas yang tadi siang dibawa.

Dry Box transparan yang pada siangnya terlihat berisi berkas-berkas, saat meninggalkan gedung KPK terlihat kosong. Ada juga penyidik Mabes Polri yang terlihat menenteng sebuah koper berwarna abu-abu.

Sebagian memilih bungkam saat ditanya terkait proses penyerahan berkas tersebut. Namun, salah satu dari mereka mengungkapkan 5 berkas sudah diserahkan ke KPK. "Semua lima-limanya sudah diserahkan," kata salah satu penyidik yang enggan menyebutkan namannya, di gedung KPK, Selasa (30/10/12) malam.

Selebihnya penyidik tersebut enggan menjelaskan lebih detail, meski mereka berada di gedung KPK hingga 10 jam. "Tanya humas saja. Besok masih ada lanjutan verifikasi lagi," singkatnya sembari memasuki mobil yang terparkir di belakang gedung KPK.

Sebelumnnya, Wakil Ketua KPK Bambang Widjodjanto mengatakan bahwa berkas-berkas tersebut akan diserahkan ke pihaknya. Namun, berkas-berkas yang dibawa itu akan terlebih dahulu diverifikasi oleh KPK.

Menurut Bambang, hal tersebut merupakan hal biasa dalam penyerahan berkas-berkas dari lembaga penegak hukum. "Jadi tadi saya dapat informasi bahwa hari ini akan ada verifikasi atas berkas dan barang bukti yang akan diserahkan," ucap Bambang Widjodjanto di kantornya, Jakarta.

Tim Bareskrim sudah mendatangi KPK siang hari tadi dengan membawa berkas-berkas yang dibawa dengan dua tas koper berukuran besar, enam unit CPU, dan enam box plastik. Salah satu perwakilan yang datang adalah penyidik Kombes Pol Wiyagus. [gus]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA