Hatta: Inilah Persiapan Jelang AEC

RR
Oleh Ranto Rajagukguk
Rabu 28 November 2012
share
Menko Perekonomian Hatta Rajasa - inilah.com/Agus Priatna

INILAH.COM, Jakarta - Pemerintah menuturkan ada empat pilar utama yang perlu dihadapi dalam menuju ASEAN Economic Community (AEC) di 2015. Apa sajakah itu?

Menko Perekonomian Hatta Rajasa menyampaikan empat pilar utama ini adalah mengenai production base, daya saing, proteksi (equitable gap), dan terakhir konektivitas.

"Dalam AEC, ada empat pilar utama yang perlu dihadapi. Namun, pertanyaanya, apakah kita siap menghadapi empat pilar tersebut?" ujarnya dalam Kompas 100 CEO Forum di Jakarta, Rabu (28/11/2012).

Untuk pilar pertama, kata Hatta, ASEAN menjadi production base kegiatan ekonomi antar kawasan. Proses ini membuat Indonesia dituntut berkontribusi dalam mengembangkan market dan sektor industrinya pada negara-negara dalam kawasan.

Pilar kedua, mengenai daya saing dalam kompetisi antar negara dalam kawasan. Ia menyatakan, jelang AEC, Indonesia harus meningkatkan daya saing baik itu dari bisnis ataupun sumber daya manusia.

"Khusus daya saing, apa kita siap menghadapi pola integrasi ekonomi yang tidak terhindarkan? Indonesia harus meningkatkan semua potensinya jelang AEC nanti," tuturnya.

Di samping itu, proteksi penghambat bisnis antar tiap negara akan dihilangkan guna menyempurnakan kerja sama bisnis di segala bidang. "Dalam pilar ketiga ini, kebijakan tarif dan non tarif akan diminimalisir sehingga potensi bisnis dapat berjalan dengan mudah," ucapnya.

Pilar yang terakhir, menurutnya adalah mengenai konektivitas antar kawasan. Memasuki AEC, eknomi dan kegiatan bisnis Asean harus terintegrasi dengan kawasan lainnya. Karena itu kegiatan infrastruktur tiap negara dalam kawasan Asean menjadi kuncinya

"Infrastruktur tiap negara dalam kawasan menjadi kuncinya. Ini untuk memudahkan ASEAN terhubung dengan kawasan Uni Eropa dan lainya," ucapnya. Namun, dari hal tersebut Hatta kembali menyampaikan kegundahannya. "Apakah kita sudah siap dari hal yang tidak terhindarkan ini?" ujarnya. [hid]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA