Satu Hari Tanpa BBM Bersubsidi

Wacik: Tahun Depan Bisa Empat Kali

WI
Oleh Widyanto
Rabu 28 November 2012
share
Menteri ESDM Jero Wacik - inilah.com

INILAH.COM, Jakarta - Menteri ESDM Jero Wacik menyatakan rencana Satu Hari Tanpa BBM Bersubsidi akan dilakukan pada tahun depan.

Rencana tersebut sedianya akan dilakukan pada 2 Desember 2012. "Sehari tanpa premium, ini program yang baik. Namun tidak berlaku tahun ini" katanya dalam jumpa pers setelah melakukan rapat dengan Menkoperekonomian Hatta Rajasa, Rabu (28/11).

Wacik menjelaskan belum bisa memastikan pelaksanaan di tahun depan. "Ini baru sosialisasi saja, pinginnya ada empat kali tapi, tiap hari libur," katanya.

Sinyal pembatalan itu sudah diungkap Wacik saat di Istana Negara kemarin. Menurut dia, dengan potensi gelolak sosial di masyarakat, pemerintah membatalkan rencana Hari Tanpa BBM Bersubsidi pada 2 Desember mendatang.

Dijelaskan Wacik, penghematan dari kebijakan tersebut juga tidak signifikan. Konsumsi masyarakat tetap tinggi terhadap BBM bersubsidi. "Dari perhitungan, (penghematan) nggak banyak juga. Tapi (akan picu) ribut-ribut nanti," kata dia.

Awalnya, kebijakan tersebut dilakukan karena kuota BBM bersubsidi tahun 2012 sebesar 44 juta kiloliter sudah hampir habis. Konsumsi BBM bersubsidi berpotensi naik 1,2 juta kilo liter. [hid]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA