Helmy Faisal Zaini

Menteri Maniak Fotografi

RF
Oleh R Ferdian Andi R
Kamis 29 November 2012
share
Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) Helmy Faisal Zaini - inilah.com

INILAH.COM, Jakarta - Aktivitas fotografi kini tak lagi dimonopoli jurnalis foto atau kalangan profesional semata. Karena menteri pun gemar dengan aktivitas tersebut.

Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) Helmy Faisal Zaini termasuk sedikit dari pejabat negara yang memiliki hobi cukup unik yakni fotografi. Sudah ribuan koleksi photo dihasilkan dari jepretannya. "Saat kunjungan ke daerah disempatkan hunting obyek photo," kata Helmy kepada INILAH.COM melalui saluran telepon di Jakarta, awal pekan ini.

Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini mengatakan momentum saat usai salat shubuh serta perjalanan menuju pulau yang menghabiskan waktu tiga hingga empat jam, menjadi waktu yang tepat untuk mencari obyek foto. "Kita sempatkan saat di helikopter untuk memotret. Mulai dari Aceh sampai Papua," tambah bekas anggota DPR ini.

Sebagai menteri PDT, menjadi tugas pokok Helmy Faisal mengurus daerah tertinggal di berbagai daerah di Indonesia. Koleksi fotografinya dalam beberapa kesempatan kerap diunggah melalui akun twitternya. Lebih dari itu, karya pohotografinya telah dibukukan. "Insya allah nanti kita juga bukukan untuk buku kedua," ujar Helmy.

Helmy mengaku belajar fotografi secara otodidak. Meski, jika melihat hasil jepretan menteri alumnus Universitas Darul Ulum Jombang, Jawa Timur ini, hasilnya tidak kalah dengan karya profesional. "Aliran saya landscape, pakai kamera merk Canon," tambah Helmy.

Saat ditanya obyek apa yang paling berkesan bagi dirinya, Helmy mengakui moment terbaik saat memotret di Raja Ampat Papua. "Saya harus naik ke puncak Wayag, medannya cukup sulit. Harus naik karang batu, sudutnya lurus, jadi harus hati-hati naiknya. Tapi kalau sudah di puncak, asal jepret saja pasti bagus," urai Helmy. [mdr]

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA