Meski Kurang Personil

Sudin Damkar dan PB Jakbar Siap Antisipasi Bencana

KS
Oleh Karel Stefanus Ratulangi
Rabu 28 November 2012
share
ist

INILAH.COM, Jakarta - Meski jumlah personil tidak ideal, namun Suku Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Sudin Damkar dan PB) Jakarta Barat, siap melakukan antisipasi terhadap kebakaran dan bencana lain di wilayah Jakarta Barat.

Kasudin Damkar dan Penanggulangan Bencana Jakarta Barat, Abdul Karim mengatakan saat ini jumlah personil Sudin Damkar dan PB Jakarta Barat, berjumlah 627 orang, sementara idealnya satu wilayah mempunyai sebanyak 1200 personil.

Meskipun jumlah tersebut dibilang minim untuk melakukan penyelamatan dan penanggulangan bencana namun para personil siap dan akan melakukan tindakan maksimal dalam melakukan penyelamatan dilapangan.

"Kesiap siagaan supaya diketahui masyarakat secara umum, dilihat dari desain peralatan menuju ke sumber daya pada saat ada bencana," ujarnya di Kantor Walikota Jakarta Barat, Rabu (28/11/2012).

Sudin Damkar dan PB Jakarta Barat, juga telah menyiapkan peralatan-peralatan dalam melakukan penyelamatan saat terjadi peristiwa kebakaran, antara lain pompa motor portable, dan strong arm, yang fungsinya melakukan untuk pemadaman api disaat kebakaran dan penyelamatan bila ada korban kebakaran yang terjebak yang masih bisa diselamatkan.

Pada saat musim hujan saat ini yg bisa berdampak banjir pihak Damkar PB Jakarta Barat juga sudah menyediakan posko - posko penanggulangan bencana terhadap warga yang wilayahnya terkena banjir. Karim menambahkan bahwa sudah menyiapkan personil yang tersebar di sudin dan wilayah Jakarta Barat, dalam melakukan antisipasi dan pertolongan kepada warga yang terkena bencana banjir.

"Ada sekitar 100 personil menyebar di sudin dan wilayah (sektor), dalam rangka antisipasi banjir yang siap merespon kebutuhan. Pemadam melakukan evakuasi menggunakan perahu karet dalam rangka melakukan penyelamatan," tandasnya.

Dalam melakukan antisipasi dan penanggulangan kebakaran ini pun pihak Damkar Jakarta Barat sudah melakukan sosialisasi - sosialisasi terhadap ibu rumah tangga, darmawanita, sekolah, Rumah Sakit, dan gedung - gedung tinggi. Saat ini ada posko banjir Damkar PB, juga siap untuk menerima aduan atau informasi dari masyarakat, melalui nomor telepon 021-5821750.[bay]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA