Purwoko Sartono

IHSG Turun, Kesempatan Beli Saham Bluechip

AM
Oleh Ahmad Munjin
Kamis 29 November 2012
share
Purwoko Sartono - inilah.com

INILAH.COM, Jakarta Penurunan IHSG dalam dua hari terakhir dinilai masih dalam batas wajar. Hal tersebut justru jadi kesempatan beli saham-saham berkapitalisasi besar. Seperti apa?

Purwoko Sartono, analis Panin Securities melihat koreksi IHSG yang terjadi dalam dua hari terakhir masih cukup wajar. "Kami juga menilai indeks masih berada dalam tren positif hingga akhir tahun. Penurunan yang terjadi kemarin memberikan kesempatan bagi pemodal untuk melakukan pembelian pada harga bawah (buy on weakness) terutama pada saham-saham berkapitalisasi besar (bluechip)," katanya kepada INILAH.COM.

Pada perdagangan Rabu (28/11/2012) Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG ^JKSE) ditutup melemah 32,69 poin (0,75%) ke posisi 4.304,823 dengan intraday terendah 4.268,035 dan tertinggi 4.323,121. Begitu juga dengan indeks saham unggulan LQ45 ^JKLQ45 yang turun 6,93 poin (0,93%) ke angka 735,876. Berikut ini wawancara lengkapnya:

IHSG melemah 0,75%. Apa yang terjadi?

Pelemahan IHSG kemarin, melanjutkan profit taking yang terjadi sehari sebelumnya. Pascapenembusan rekor tertinggi, investor memilih melakukan aksi ambil untung di tengah tidak adanya perkembangan berarti pada pembicaraan budget di AS.

Investor global masih dibayangi isu fiscal cliff (jurang fiskal). Isu ini juga terlihat menutup data makro ekonomi AS yang sebenarnya cukup baik. Harga perumahan AS bulan September naik ke level tertinggi semenjak Juli 2010. Consumer confidence AS bulan November naik ke level tertinggi sejak November 2008. Begitu juga dengan pesanan durable goods Oktober yang berhasil melampaui estimasi awal. Ketiga data ekonomi ini memperlihatkan ekonomi AS sudah siap untuk bertumbuh kembali.

Bagaimana dengan Eropa?

Dari Eropa, Uni Eropa dan International Monetary Fund (IMF) sepakat untuk menurunkan bunga dana bantuan dan juga memberikan kelonggaran waktu untuk mengembalikan. Dengan kesepakatan ini, Yunani memenuhi persyaratan dana bantuan yang akan diberikan.

Bagaimana Anda menilai pelemahan IHSG yang terjadi dua hari terakhir?

Saya melihat koreksi IHSG yang terjadi dalam 2 hari terakhir masih cukup wajar. Kami juga menilai indeks masih berada dalam tren positif hingga akhir tahun. Penurunan yang terjadi kemarin memberikan kesempatan bagi pemodal untuk melakukan pembelian pada harga bawah (buy on weakness) terutama pada saham-saham berkapitalisasi besar (bluechip).

Kalau begitu, bagaimana Anda melihat IHSG Kamis (29/11/2012) ini?

Saya proyeksikan, laju IHSG Kamis ini bergerak mixed (variatif) dengan kecenderungan menguat.

Level support dan resistance-nya?

IHSG akan bergerak pada kisaran support-resistance 4.280-4.335.

Saham-saham pilihan Anda?

PT Astra International (ASII.JK), PT AKR Corporindo (AKRA.JK), PT Perusahaan Gas Negara (PGAS.JK), PT Tower Bersama Infrastructur (TBIG.JK) , dan PT Wijaya Karya (WIKA.JK).

Bagaimana strategi trading pada saham-saham tersebut?

Saya rekomendasikan Buy on Weakness.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA