Dana Subsidi BBM & Listrik Habiskan Rp1.000 T

TS
Oleh Tio Sukanto
Senin 03 Desember 2012
share
inilah.com

INILAH.COM, Jakarta - Dalam tiga tahun ke depan beban subsidi BBM dan listrik akan mencapai Rp.1.000 triliun.

Wakil Menteri ESDM, Rudi Rubiandini memperkirakan beban subsidi BBM dan listrik yang dikeluarkan pemerintah setahun mencapai angka Rp300 triliun lebih.

"Kalau harga BBM dan tarif listrik tidak dinaikan dalam waktu tiga tahun kedepan. Maka jelas Rp.300 Triliun kali tiga akan mencapai Rp.1.000 Triliun, uang yang bisa habis untuk subsidi BBM dan listrik kalau tidak dinaikan," kata Rudi saat ditemui usai membuka pertemuan tahunan pengelolaan energi nasional 2012 di Jakarta, Senin (3/12/2012).

Rudi menjelaskan, membesarnya beban subsidi tersebut sangat mungkin terjadi seiring dengan kondisi politik didalam negeri. Pasalnya dalam beberapa tahun kedepan Indonesia akan melakukan Pemilu dan Pilpres.

"Tahun 2013 adalah momen yang paling bagus untuk menaikan (the last change). Namun apabila tahun depan tidak naik maka ratusan Triliun akan hilang. Sementara kalau 2015 siapa Presiden yang mau langsung menaikan harga BBM. Kalau dia baru setahun terpilih," ujar Rudi.

Terkait kenaikan harga BBM pemerintah akan melihat kondisi ekonomi lebih jauh. Apakah tahun depan memang memungkinkan atau tidak. "Nanti Kementerian Keuangan yang akan melihat bagus apa tidak kondisi ekonominya. Bisa naik, tapi bukan berarti pasti," kata Rudi. [hid]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA